Ingat! Tak Ada yang Bisa Prediksi Gempa

| 27 Aug 2018 11:33
Ingat! Tak Ada yang Bisa Prediksi Gempa
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Beberapa hari terakhir, beredar luas di media sosial maupun WhatsApp grup memberitakan pernyataan peneliti asing kalau Indonesia bersiap dilanda gempa super besar 9,5 SR. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan kalau informasi itu salah.

BMKG melalui akun Twitternya, Senin (27/8/2018), menyayangkan beredarnya berita yang membelokkan informasi pernyataan seorang ilmuwan asing dari Brigham Young University, Profesor Ron Harris. Pesan berantai itu menyebut akan terjadi gempa Megathrust dengan kekuatan besar di Pulau Jawa.

"Setelah kami cek, berita yang beredar baru-baru ini merupakan berita lama dan disebar ulang ke masyarakat. Namun, disayangkan ada pihak yang mengemas dan membumbui pesan ilmiah tersebut sehingga diinterpretasikan sebagai ramalan," tulis BMKG dengan menambah tagar #HantamHoax.

BMKG tak habis pikir dengan banyaknya informasi sejenis ini. Padahal mereka tak pernah henti-hentinya bilang kalau belum ada satupun teknologi yang mampu memprediksi gempa bumi secara presisi, mengenai kapan dan berapa kekuatannya.

Indonesia memang satu dari sedikit negara di dunia yang berada di dalam kawasan "cincin api". Jadi kapan pun, bencana bisa terjadi sewaktu-waktu. 

 

"Fakta kondisi inilah yg perlu dipahami oleh masy Indonesia sehingga perlu dibutuhkan sikap kesiapsiagaan dan mitigasi," tulis BMKG lagi.

Dibanding sibuk menyebar informasi sesat, lebih baik kita terus mengelar sosialisasi dan edukasi publik secara menerus praktik gladi siaga dan evakuasi gempabumi. Termasuk memperketat aturan penerapan bangunan tahan gempa di lokasi yang memang rawan.

"Hal ini merupakan kunci pengurangan risiko bencana gempa," lanjut BMKG.

"Pastikan informasi terkait gempa bumi bersumber dari BMKG. Silakan akses info BMKG melalui website maupun media sosial ‘infobmkg’ bukan yang lain," tegas mereka.

Kalau sudah tegas begini, kamu masih percaya isu di luar?

Tags : gempa
Rekomendasi