Di Depan Surya Paloh, AHY Nyatakan Demokrat Dukung Anies di Pilpres 2024

| 22 Feb 2023 16:04
Di Depan Surya Paloh, AHY Nyatakan Demokrat Dukung Anies di Pilpres 2024
Ketum NasDem Surya Paloh saat memberikan keterangan usai melakukan pertemuan tertutup dengan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Rabu (22/2/2023). (Foto: Antara)

ERA.id - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan sikap resmi partainya terhadap pencalonan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai presiden di Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan di depan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh usai keduanya bertemu di Kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (22/2/2023).

"Sudah jelas bahwa sikap dan poisisi politik Demokrat yang kami sampaikan pada Januari 2023 lalu itu resmi (mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024)," kata AHY.

Adapun sikap resmi yang dimaksud itu tertuang dalam keterangan tertulis pada 26 Januari 2023. Didalamnya, AHY menyampaikan bahwa Partai Demokrat resmi mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024 dan menyerahkan keputusan soal calon wakil presiden kepada Anies.

Menurut AHY, sikap resmi Partai Demokrat itu bukan sekedar cek ombak. Melainkan sudah melalui pertimbangan yang matang di internal partainya.

"Itu bukan sekedar test the water, bukan hanya sekedar uji coba saja," kata AHY.

"Kami sepakat bahwa untuk mengusung perubahan dan perbaikan, kita juga harus bisa memberikan ruang kepada suadara Anies menjadi bakal calon presiden yang juga diyakini bisa membawa representasi perubahan tadi," paparnya.

Sementara terkait dengan penjajakan Koalisi Perubahan, AHY memastikan bahwa komunikasi antara partainya, NasDem, dan PKS semakin intensif dan menghasilkan kemajuan yang progresif.

Menurutnya, saat ini ketiga partai tersebut sudah masuk dalam tahap finalisasi untuk membentuk Koalisi Perubahan.

"Yang jelas kami ingin kapal koalisi ini bisa berlayar, dan mudah-mudahan bukan hanya berlayar, tapi juga bisa menang. Memenangkan suara, hati, dan pikiran masyarakat kita untuk perubahan," pungkasnya.

Rekomendasi