Dear Roy Suryo, Kapan Kembalikan Aset Kemenpora?

Tim Editor

Roy Suryo (Leo/era.id)

Jakarta, era.id - Sebuah surat sudah dikirim Kemenpora kepada mantan menterinya, Roy Suryo, 1 Mei silam. Bertajuk 'Pengembalian Barang Milik Negara' sambil menyertakan hasil pemeriksaan BPK.

Sudah lama memang surat itu dikirim. Tapi dalam beberapa hari terakhir, surat bernomor 5.2.3/SET.BIII/V/2018 itu beredar luas media sosial. Entah siapa yang membocorkan pertama kali.

Isinya tidak main-main. Tiga bulan terakhir ini, Kemenpora mengakui kalau sedang dalam pemeriksaan rutin BPK. Salah satu poin pemeriksaan, soal Barang Milik Negara Kemenpora yang tidak pada tempatnya, alias belum dikembalikan. Total berjumlah ada 3.226 unit.

Surat itu tidak menjelaskan detail barang-barang yang dimaksud. Apakah 3.226 unit yang masih 'raib' cuma ada di Roy Suryo atau tersebar di sejumlah orang.  Yang jelas, Kemenpora meminta Roy Suryo segera mengembalikan aset itu.



"Agar kami dapat melakukan inventarisasi sehingga akuntabilitas pengelolaan Barang Milik Negara di lingkungan Kemenpora dapat dipertanggungjawabkan sesuai perundang-undangan yang berlaku," tulis surat itu yang diteken Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto.

"Iya itu surat saya, asli. Hanya saya kaget, kok suratnya beredar. Saya kirim langsung kepada Roy Suryo, kirimnya by WA (WhatsApp) sesuai tanggal yang tertera di surat itu (1 Mei 2018)," kata Gatot S Dewa Broto seperti dikutip dari Medcom.id.

Surat tertanggal 1 Mei 2018 itu sebenarnya bukanlah surat pertama Kemenpora untuk Roy Suryo. 17 Juni 2016 lalu, Kemenpora juga sudah menyurati Roy Suryo terkait persoalan yang sama. 3 Agustus 2016, Roy mengirim surat balasan kepada Kemenpora.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari Roy Suryo. WhatsApp dan telepon redaksi tidak berbalas. Padahal status WhatsApp Roy Suryo terpantau online alias aktif.

Tag: di mana aset kemenpora

Bagikan: