KPK Turun Tangan, Minta Roy Suryo Kembalikan Aset Kemenpora

Tim Editor

Gedung KPK. (Wardhany/era.id)

Jakarta, era.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendesak bekas Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo harus segera mengembalikan 3.226 aset negara. Dalam konteks pencegahan korupsi, KPK menilai pengembalian barang itu menjadi hal yang harus segera dilakukan.

"Tadi saya sudah dapat informasi bahwa memang ada temuan-temuan BPK yang harus ditindaklanjuti. Jadi, kami tentu berharap dalam konteks pencegahan sebisa mungkin aset yang memang dimiliki oleh negara itu bisa dipulihkan dan dikembalikan ke negara. Kalau memang itu persoalan administratif, tentu bisa diselesaikan secara administratif," ungkap Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta Selatan, Kamis (6/9/2018).

Meski ada temuan BPK terkait aset negara yang dibawa oleh politisi Partai Demokrat itu, KPK belum mengambil langkah hukum. Bagi Febri, sebaiknya permasalahan ini bisa langsung diselesaikan Kemenpora. Apalagi ada wacana untuk mempertemukan Roy Suryo dengan Menpora Imam Nahrawi.

"Lebih baik ini diselesaikan dulu di Kemenpora dan pihak-pihak terkait sesuai dengan temuan atau rekomendasi BPK," tutup Febri.

Mantan kolega Roy Suryo di Partai Demokrat, Ruhut Sitompul juga mendesak supaya aset itu bisa dikembalikan. Apalagi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono juga sudah mengingatkan Roy mengembalikan aset Kemenpora.

Kasus aset tersebut sebenarnya sudah lama dipermasalahkan. Hanya saja, kata Ruhut, Roy sering "berisik" mengomentari beberapa hal, sehingga kasus yang menimpanya menjadi ramai kembali.

"Sebenernya kan sudah basi, tapi karena bacot, dia sekarang diungkit lagi. Rupanya yang sekian ribu belum dikembalikan. Sedih, kan? Kembalikanlah itu cepat, Pak SBY juga sudah minta," ujar dia.


Infografis ini dipersembahkan oleh Mahesa ARK/era.id

Supaya kalian tahu, sebuah surat sudah dikirim Kemenpora kepada Roy Suryo, 1 Mei silam. Surat bernomor 5.2.3/SET.BIII/V/2018 itu bertajuk 'Pengembalian Barang Milik Negara' sambil menyertakan hasil pemeriksaan BPK.

Isinya tidak main-main. Tiga bulan terakhir ini, Kemenpora mengakui kalau sedang dalam pemeriksaan rutin BPK. Salah satu poin pemeriksaan, soal Barang Milik Negara Kemenpora yang tidak pada tempatnya, alias belum dikembalikan. Total berjumlah ada 3.226 unit. Kemenpora meminta Roy Suryo segera mengembalikan aset itu.    

"Agar kami dapat melakukan inventarisasi sehingga akuntabilitas pengelolaan Barang Milik Negara di lingkungan Kemenpora dapat dipertanggungjawabkan sesuai perundang-undangan yang berlaku," tulis surat itu yang diteken Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto.

Roy Suryo sendiri sudah membantah dianggap 'membawa kabur' aset Kemenpora. Dia menuding Kemenpora sedang bermain politik dan berusaha menjatuhkan namanya.

Tag: di mana aset kemenpora

Bagikan: