Kelahiran Albert Einstein dan Penemuan Terbesar Umat Manusia

| 14 Mar 2023 15:03
Kelahiran Albert Einstein dan Penemuan Terbesar Umat Manusia
Kelahiran Albert Einstein (unsplash)

ERA.id - Kelahiran Albert Einstein diperingati pada hari ini 14 Maret 1879. Perlu diketahui, Einstein lahir di Jerman dan mulai meledak ke panggung sains dunia pada usia 26 tahun.

Einstein melalui teori relativitasnya telah meruntuhkan ilmu pengetahuan yang sudah berabad-abad dan meletakkan dasar bagi era pencapaian baru bagi umat manusia,.

Nama belakang Einstein saat ini sering digunakan sebagai sinonim dari "jenius" dalam bahasa Inggris Amerika dan dalam banyak budaya dan bahasa lain di seluruh dunia. Hal tersebut membuktikan sebuah bukti dari pengaruhnya yang mungkin tak tertandingi oleh seorang ilmuwan terhadap budaya populer global.

Kelahiran Albert Einstein. Lahirnya Fisika Modern

Dilansir dari Fox News, Einstein menulis bahwa dua 'keajaiban' sangat mempengaruhi pada tahun-tahun awalnya kiprahnya.

Yang pertama adalah pertemuannya dengan kompas pada usia lima tahun. Einstein merasa heran bahwa kekuatan yang tidak terlihat dapat membelokkan jarumnya. Hal ini akan membuatnya terpesona seumur hidup dengan kekuatan yang tidak terlihat.

Keajaiban kedua terjadi pada usia 12 tahun ketika Einstein menemukan sebuah buku geometri, yang ia lahap habis-habisan, dan menyebutnya sebagai 'buku geometri kecil yang suci'.

Orang tua Einstein adalah Pauline (Koch) dan Hermann Einstein. Keduanya merupakan profesional terdidik yang lahir dan dibesarkan di tempat yang sekarang dikenal sebagai negara bagian Baden-Württemberg, Jerman.

Pauline adalah seorang musisi yang mendorong Albert Einstein untuk bermain biola pada usia 5 tahun. Sementara itu, Hermann menjalankan perusahaan teknik listrik bersama saudaranya, Jakob.

Keluarga Einstein kemudian pindah ke Munich saat dirinya baru berusia enam minggu. Einstein menikmati pendidikan internasional setelah bisnis ayahnya gagal di Jerman.

"Kemudian, mereka pindah ke Italia dan Albert melanjutkan pendidikannya di Aarau, Swiss, dan pada tahun 1896 ia masuk ke Sekolah Politeknik Federal Swiss di Zurich untuk dilatih sebagai guru fisika dan matematika," tulis Yayasan Nobel dalam biografi pemenang hadiah fisika tahun 1921 tersebut.

Pada tahun 1901 Einstein memperoleh ijazahnya dan memperoleh kewarganegaraan Swiss. Lantaran Einstein  tidak dapat menemukan posisi mengajar, ia lalu menerima posisi sebagai asisten teknis di Kantor Paten Swiss.

Kelahiran E=MC2

Hingga pada tahun 1905 Einstein  memperoleh gelar dokter. Dengan cepat Einstein melejit ke panggung dunia dengan cara yang tidak tertandingi oleh ilmuwan mana pun sebelumnya atau sesudahnya.

Kelahiran E=MC2 (unsplash)

"Tahun 1905 akan selamanya dianggap sebagai 'tahun keajaiban' Albert Einstein," tulis NASA pada tahun 2005 pada momen perayaan seratus tahun teori relativitas Einstein.

"Tahun itu adalah tahun di mana seorang anak berusia 26 tahun mengubah cara kita memandang alam semesta. Teori Einstein tentang cahaya, gerak, gravitasi, massa, dan energi memulai era baru ilmu pengetahuan. Teori-teori itu mengarah pada teori big-bang tentang bagaimana alam semesta lahir. Dan teori-teori itu mengarah pada konsep-konsep seperti lubang hitam dan energi gelap."

Einstein kemudian memperbaiki dan mengembangkan teori relativitas sepanjang hidupnya, sembari meneliti bidang sains lainnya.

Selain itu, Einstein membuktikan bahwa kejeniusan sejati bukanlah membingungkan orang banyak, tetapi menyederhanakan masalah-masalah yang rumit untuk orang awam.

Einstein menyimpulkan keseluruhan keberadaan universal sebagai “E = MC2” dalam lima karakter sederhana.

Hanya sedikit orang yang memahami apa arti dari rumus tersebut. Namun, rumus ini menempatkan ide-ide yang luar biasa rumit tentang alam semesta fisik dalam format yang mudah dicerna yang dapat diulang oleh anak sekolah manapun dan, mungkin, terinspirasi untuk mempelajari lebih lanjut.

Selain Kelahiran Albert Einstein, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi