Saat Sandi Dibekali Tempe Mendoan dari Istri Gus Dur

| 10 Sep 2018 20:15
Saat Sandi Dibekali Tempe Mendoan dari Istri Gus Dur
Bakal cawapres Sandiaga Uno silaturahmi ke Istri Gus Dur (Twitter: Sandiagauno)
Jakarta, era.id - Bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno bersilaturahmi ke kediaman Shinta Nuriyah Wahid, istri almarhum Presiden ke-4 Abdurahman Wahid (Gus Dur). Dalam kunjungannya itu, Sandi dibekali oleh-oleh berupa tempe mendoan dari istri mendiang Gus Dur itu.

Sandiaga mengaku tak bisa menyantap langsung tempe pemberian istri Gus Dur tersebut. Soalnya dia lagi menjalani puasa sunnah Senin-Kamis. Hanya saja, Sandi mengaku mendapat bekal tempe yang tidak setipis kartu ATM.

"Saya juga dikasih oleh-oleh tempe yang tidak tipis seperti kartu ATM, tempe mendoan ini karena kebetulan lagi saum (puasa), kita sama-sama puasa, ibu (Shinta) ini puasa terus. Nanti buat buka puasa," kata Sandiaga seperti dikutip Antara, Senin (10/9/2018).

Sandiaga menjelaskan kedatangannya ke rumah Shinta Wahid untuk bersilahturahmi alias sowan. Selain itu juga mendengar wejangan-wejangan yang diberikan untuk dirinya yang telah didapuk sebagai cawapres. Di mana ia mengaku, terinspirasi dengan Shinta yang masih aktif membela 'wong cilik'.

"Beliau sebagai bagian dari keluarga besar Gus Dur yang generasi ketiga dari generasi KH Hasim Asyari, KH Wahid Hasyim, KH Gus Dur sekarang ada di Mba Yenny dan temen temen sebagai perekat bangsa, sebagai bapak dan ibu keberagaman kita dan terus menjaga toleransi bangsa," jelas Sandi.

"Ibu (Shinta Wahid) ini masih aktif sekali keliling kalau orang lain mungkin buka puasa kalau ibu sahur keliling Indonesia dengan masyarakat marjinal, ini yang menjadi keteladanan bagi ibu yang patut jadi keteladanan bagi bangsa," pungkasnya.

Shinta juga mengungkapkan wejangan-wejangan yang disampaikan kepada Sandiaga selama pertemuan. Wejangan yang diberikan Shinta masih seputar keputusan Sandiaga Uno yang maju dalam kontestasi Pilpres 2019.

"Ya, pertama adalah amanah. Pemimpin harus amanah terhadap masyarakatnya. Kedua, karena kita tinggal di Indonesia, negara yang majemuk, maka saya harapkan bisa menjaga keutuhan dari bangsa dan negara ini," tuturnya.

Mengenai tempe, Sandiaga Uno pada hari Jumat (7/9) pekan lalu, sempat menyinggung kondisi perekonomian Indonesia yang terpuruk karena nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Sandiaga kala itu mengakui, mendapat keluhan masyarakat mengenai situasi ekonomi yang kian sulit dan berimbas pada ukuran tempe yang semakin tipis.

"Tempe katanya sekarang sudah dikecilkan dan tipisnya sudah hampir-hampir sama dengan kartu ATM. Ibu Yuli di Duren Sawit kemarin bilang, jualan tahunya sekarang dikecilin ukurannya," tutur Sandiaga Uno di rumah Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan.

Rekomendasi