Ratusan Kuota Mudik Gratis ke Jateng Ludes dalam 5 Jam, Ini Respon Ganjar Pranowo

| 17 Mar 2023 10:15
Ratusan Kuota Mudik Gratis ke Jateng Ludes dalam 5 Jam, Ini Respon Ganjar Pranowo
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat musrenbang di Rembang. (Dok, Pemprov Jateng)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan ratusan kuota Mudik Gratis Jateng 2023 penuh dalam lima jam. Antusiasme warga yang tinggi bahkan sempat menyebabkan sistem pendaftaran terkendala teknis. “Pendaftaran untuk mudik gratis, lima jam langsung habis kemarin,” ucap Ganjar  di Semarang, Kamis (16/3/2023).

Ganjar menyebut, antusias warga Jawa Tengah yang ingin mengakses program tersebut tinggi. Akibatnya, situs pendaftaran sempat mengalami error atau kendala teknis, namun bisa diperbaiki dengan cepat.

“Mudah-mudahan sih nanti bisa dilayani dan lebih banyak lagi masyarakat Jawa Tengah di luar Jawa Tengah bisa dibantu nanti mudik gratisnya,” katanya.

Ganjar mengimbau kepada kota-kota yang akan dilewati program Mudik Gratis tersebut agar menyiapkan dengan baik. Mulai petugas, tempat hingga jalur alternatifnya.

“Agar mudiknya bisa lebih baik. Tentu modanya kan banyak ya, udaranya ada, lautnya ada, kereta apinya ada, nanti kita akan komunikasi dengan kementerian yang di pusat,” ujarnya.

Program Mudik Gratis Jateng 2023 ini menyediakan 485 kuota dengan moda transportasi bus. Rencananya, para pemudik gratis akan diberangkatkan dari Museum Purna Bhakti Pertiwi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada 17 April 2023.

Di sisi lain, Ganjar juga mengebut perbaikan infrastruktur penunjang, khususnya jalan. Apalagi sudah ada sekitar Rp1,1 triliun bantuan yang diberikan pusat untuk perbaikan jalan di Jateng.

Ganjar berharap, setidaknya sepekan sebelum Idul Fitri 1444 H, perbaikan bisa diselesaikan dengan optimal. “Iya sekarang kita lagi bereskan seluruh infrastruktur yang ada agar hitung-hitungannya, H-10 nya bisa beres maka ini kita coba kejar sebaik-baiknya,” kata Ganjar.

Pemerintah pusat memprediksi sebanyak 12 juta pemudik akan melintas dan menuju Jawa Tengah pada Lebaran 2023. Jumlah ini meningkat 13,38 persen dibanding pada  Lebaran 2022.

Rekomendasi