KPU Siap Hadapi Gugatan Oesman Sapta di Bawaslu

Tim Editor

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (era.id)

Jakarta, era.id - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra mengatakan, pihaknya siap menghadapi gugatan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), terkait pencoretan namanya dari daftar calon tetap (DCT) anggota DPD RI.

"Kita siap hadapi, sebab kami yakin apa yang kami lakukan itu sudah sesuai dengan aturan Undang-Undang.
Apa yang Pak OSO akan lakukan untuk mengajukan gugatan sengketa ke Bawaslu kami menghormati betul, sebab itu memang kanalnya," tutur Ilham di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2018).

Keyakinan KPU dalam pencoretan nama OSO, kata Ilham, didasarkan pada putusan MK No. 30/PUU-XVI/2018 yang melarang anggota DPD merangkap jabatan.

Lebib lanjut, Ilham menjelaskan bahwa batas waktu pengajuan sengketa berlaku tiga hari sejak ditetapkan DCT. KPU sendiri telah menetapkan DCT pada Kamis (20/9) kemarin.

"Tiga hari kerja sejak penetapan DCT. Berarti hari ini Jumat kan, maka Senin, Selasa terakhir. Baru Bawaslu akan mengumpulkan dan memebrikan ke KPU siapa saja yang mengajukan ajudikasi dan kita tinggal menunggu undangan," jelasnya.

Sebelumnya, OSO yang namanya dicoret dari DCT anggota DPD menyatakan akan menggugat KPU ke Bawaslu. "Ya sudah pastilah kalau dicoret digugat. Gugat ke Bawaslu," kata Oesman kepada wartawan.

Bahkan, menurut Ketua Umum Partai Hanura ini, dirinya telah mengajukan gugatan ke Bawaslu di hari yang sama dan mengklaim kalau Bawaslu telah menerima gugatannya itu.

"Sudah diterima Bawaslu dan uji materi juga sudah, sudah diterima dan dinyatakan pantas dipersoalkan memenuhi syarat uji dan materil,” ungkap Ketua Umum Partai Hanura tersebut.


(Infografis/era.id)

Tag: oesman sapta odang kpu bawaslu

Bagikan: