Ridwan Kamil dan Anies Baswedan Berduka untuk Haringga Sirla

| 24 Sep 2018 08:27
Ridwan Kamil dan Anies Baswedan Berduka untuk Haringga Sirla
(Foto: Twitter @Persija_Jkt)
Jakarta, era.id - Seorang suporter Persija jakarta, Haringga Sirla (23) tewas dikeroyok pendukung Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jawa Barat, Minggu (23/9/20190). Peristiwa ini terjadi sebelum pertandingan Persib melawan Persija yang dimenangkan Persib dengan skor 3-2.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan kesedihannya atas terjadinya peristiwa ini. Keduanya mengucapkan duka citanya di media sosial masing-masing. Anies lewat Twitter @aniesbaswedan, sedangkan Ridwan Kamil lewat Instagram @ridwankamil.

"Kabar meninggalnya anak muda selalu menyesakkan. Hari ini jadi hari duka cita yang amat dalam. Marah, duka dan kecewa! Kekerasan itu menyesakkan," kata Anies di Twitter.

Dia menyampaikan duka citanya kepada keluarga dan keluarga besar The Jakmania. Anies mendoakan agar amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT serta diampuni segala dosanya.

 

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini meminta seluruh pihak, khususnya The Jakmania, tenang menghadapi ini dan menyerahkan penindakan kasus ini kepada aparat penegak hukum.

"Saudara-saudara semua, kita memang berduka, kita marah, tapi kita tunjukan bahwa kita beradab, kita menjunjung tinggi hukum," kata Anies. 

Baca Juga : Seorang Pemuda Tewas Dikeroyok Massa di Stadion GBLA

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun menyampaikan rasa kecewanya yang mendalam atas insiden berdarah tersebut. Dia mengunggah foto dengan latar belakang hitam dengan tulisan 'Turut Berduka Cita' berwarna putih.

Selain itu, dia juga memberikan keterangan foto itu dengan kalimat yang berisi duka cita. Selain itu, dia mengatakan, peristiwa ini mencederai kemenangan yang didapat Persib Bandung dalam pertandingan melawan Persija Jakarta.

"Saya sangat berduka cita atas meninggalnya suporter Persija atas nama Haringga Sirilla, warga Cengkareng tadi siang. Sangat kecewa dan menyesalkan tindakan biadab oknum Bobotoh yang menodai kemenangan tim Persib yang didapat dengan susah payah," kata Ridwan di Instagram.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Saya sangat berduka cita atas meninggalnya suporter Persija atas nama Haringga Sirilla, warga Cengkareng tadi siang. Sangat kecewa dan menyesalkan tindakan biadab oknum Bobotoh yang menodai kemenangan tim Persib yg di dapat dgn susah payah. ______ Bagaimanapun, dalam situasi seperti ini, secara kemanusiaan, saya pribadi memohon maaf kepada keluarga korban dan rekan2 The Jak Persija. _______ Saya sudah meminta kepolisian untuk menangkap dan menghukum seberat-beratnya kepada oknum biadab yang terlibat. 5 tersangka sudah ditangkap dan ditahan di Polrestabes Bandung. ________ Semoga peristiwa ini menjadi pembelajaran untuk kita semua untuk tidak melakukan fanatisme berlebihan, karena merah putih dan Indonesia Raya kita masih sama. _______ Bagi saya lebih baik tidak ada liga sepakbola jika harus mengorbankan nyawa manusia. Hapunten.

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on

Mantan wali kota Bandung itu meminta maaf kepada keluarga korban dan para pendukung Persija. Dia juga meminta kepolisian untuk menangkap dan menghukum para oknum yang telah melakukan tindak kekerasan berujung kematian itu.

"Semoga peristiwa ini menjadi pembelajaran untuk kita semua untuk tidak melakukan fanatisme berlebihan, karena merah putih dan Indonesia Raya kita masih sama. Bagi saya lebih baik tidak ada liga sepakbola jika harus mengorbankan nyawa manusia. Hapunten," ujar Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil. 

Baca Juga : Polisi Tangkap 10 Orang Pelaku Pengeroyokan Haringga Sirla

Insiden pengeroyokan terjadi saat laga Persib kontra Persija akan dilaksanakan di GBLA, Bandung. Polisi juga sudah menahan 10 orang yang diduga terkait aksi pengeroyokan terhadap Haringga dan terus mendalami tindakan kriminal tersebut. Sementara, video pengeroyokan ini sudah beredar di media sosial, baik Facebook, Twitter dan Instagaram.

Rekomendasi