Saat Pidato Trump di PBB, Ditertawakan Warganet

Tim Editor

Presiden AS Donald Trump berpidato di PBB ([email protected])

New York, era.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menjadi bahan ejekan warganet setelah pidatonya ditertawakan di hadapan Sidang Majelis Umum PBB. 

Momen Trump ditertawakan itu terjadi saat dia berpidato di hadapan Sidang Majelis Umum PBB pada Selasa (25/9) waktu setempat. Dalam pidatonya, Trump menggembar-gemborkan pencapaian pemerintahan AS sejak dia menjabat awal tahun 2017 lalu. Bahkan ia mengklaim pencapaian pemerintahannya melebihi pemerintahan sebelumnya dalam sejarah AS.

"Dalam waktu kurang dari dua tahun, pemerintahan saya telah mencapai lebih banyak hal dibandingkan nyaris setiap pemerintahan dalam sejarah negara kami," ucap Trump dengan percaya diri, Rabu (26/9/2018).

Pidatonya itu langsung menuai tawa para peserta Sidang Umum PBB. Mendapati reaksi tersebut, Trump hanya bisa tersenyum kecil.

"Reaksi ini tak seperti yang saya harapkan. Tapi ya sudah tidak apa-apa," lanjutnya.

Dilansir The Washington Post, klaim Trump itu pun menuai tawa di aula Sidang Majelis Umum PBB di New York. Bahkan tak sedikit warganet yang mengejek mengolok-olok Trump di sosial media. Sindiran dan kritikan juga dituliskan oleh sejumlah mantan pejabat dan publik figur di AS.
 

Kritikan lain datang dari bekas penasihat top mantan Presiden AS Barack Obama, Ben Rhodes. Semasa Obama menjabat, Rhodes banyak membantu menyusun pidato-pidato Obama dalam forum PBB. 

"Presiden-presiden Amerika terbiasa menetapkan agenda global di UNGA (Sidang Majelis Umum PBB). Sekarang Trump ditertawakan," sebut Rhodes dalam pernyataan via Twitter. 

"Jangan khawatir, Tuan Presiden, mereka tidak menertawakan Anda. Mereka saling tertawa satu sama lain kepada Anda," ucap host talk show ternama AS, Stephen Colbert, menyindir Trump.
 

Sindiran juga datang dari Senator Demokrat, Tim Kaine, yang pernah menjadi cawapres AS yang mendampingi Hillary Clinton tahun 2016 lalu. Kaine me-retweet kicauan lama Trump dari tahun 2014 yang pernah menyebut Obama sebagai 'bahan tertawaan seluruh dunia'.

Seperti diketahui, pemimpin dunia pada pekan ini berkumpul di New York untuk menghadiri Sidang Umum Ke-73 PBB. Sidang memberikan kesempatan bagi negara untuk mengutarakan isu-isu penting global. Debat umum dimulai pada Selasa (25/9/2018).

Tag: memukau amerika serikat donald trump sidang umum pbb

Bagikan: