Diguyur Hujan Seharian, BPBD Kota Tangerang Siaga Banjir Terjunkan Ratusan Personel di Titik Rawan

| 16 Jun 2023 19:15
Diguyur Hujan Seharian, BPBD Kota Tangerang Siaga Banjir Terjunkan Ratusan Personel di Titik Rawan
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Banten, siaga menghadapi banjir dan menerjunkan ratusan personel di titik rawan bencana itu. Hal tersebut guna mengantisipasi banjir usai wilayah itu diguyur hujan selama satu hari ini, Jumat (16/6/2023).

Kepala Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD), Kota Tangerang, Maryono Hasan mengatakan, informasi yang dihimpun dari lapangan, belum ada laporan terjadi bencana. Baik banjir maupun pohon tumbang, namun kewaspadaan tetap dilakukan.

Lanjutnya, Katulampa sebagai hulu berstatus normal 18 sentimeter, Batu Belah berstatus normal 165 sentimeter, Bendungan Pasar Baru berstatus normal 11,59 sentimeter. Sedangkan PS Angke sebagai hulu berstatus normal 47 sentimeter.

“Prakiraan BMKG masih ada potensi hujan ringan pada siang hari. Dengan itu, BPBD dan seluruh OPD terkait masih saling berkoordinasi untuk memonitoring titik rawan genangan banjir. Sarana prasarana juga tengah disiagakan, untuk kesiapsiagaan kondisi cuaca yang diprakirakan masih akan hujan,” ucapnya.

Maryono menjelaskan, petugas yang disiagakan selain ditugaskan untuk memantau dan melaporkan kondisi air di wilayah tugasnya, juga melakukan pemantauan pada debit sungai-sungai yang mengalir di Kota Tangerang, memastikan rumah pompa hidup atau aktif, terlebih memastikan keberadaan petugas pompa dalam kondisi siaga.

"BPBD sendiri telah menyiagakan sejumlah alat berat jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Sedangkan Dinas Lingkungan Hidup dan Disbudpar Kota Tangerang menyiapkan truk-truk untuk melakukan pengangkutan sampah yang biasanya meningkat pada saat hujan deras, diakibatkan aliran dari wilayah tetangga,” jelasnya.

Maryono menambahkan, bagi masyarakat Kota Tangerang yang ingin menginformasikan kondisi wilayahnya pasca-hujan lebat, atau membutuhkan bantuan petugas dapat memanfaatkan layanan 112 atau Pusdalops-PB BPBD Kota Tangerang di nomor piket 24 jam 021-5582-144.

Tags :
Rekomendasi