Korban Jiwa Gempa Sulteng Bertambah Jadi 1.234 Orang

| 02 Oct 2018 15:39
Korban Jiwa Gempa Sulteng Bertambah Jadi 1.234 Orang
Tim SAR tengah mengevakuasi korban yang tertimbun reruntuhan bangunan. (Foto: Twitter @Sutopo_PN)
Jakarta, era.id - Angka korban jiwa akibat gempa dan tsunami yang melanda Palu-Donggala, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9) terus bergerak. Saat ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, jumlah korban meninggal dunia mencapai 1.234 orang.

"Tercatat jumlah korban jiwa hingga pukul 13.00 WIB hari ini. Total ada 1.234 orang meninggal dunia, mereka berasal dari Kota Palu, Donggala dan Sigi," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho saat jumpa pers di Kantor BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Selasa (2/10/2018).

Sutopo mengatakan, semua korban meninggal tersebut sudah terindentifikasi. Korban meninggal, lanjut Sutopo, umumnya karena tertimpa reruntuhan bangunan dan diterjang tsunami.

Ia menambahkan, saat menemukan jenazah tim evakuasi langsung membawanya ke rumah sakit di Palu. "Saat ini kita belum bisa pilah-pilah korban (berasal dari daerah mana)," tutur dia.

Selain itu, kata Sutopo, terdapat 799 orang mengalami luka berat dan kini  tengah mendapat perawatan medis. Sedangkan jumlah orang hilang atau belum ditemukan sebanyak 99 jiwa. Jumlah korban di Balaroa dan Petobo, Palu masih belum dapat diperkirakan. 

"Di Petobo dan Balaroa, belum dapat diperkirakan karena tanahnya ambles," jelasnya. 

 

Tags : prayforpalu
Rekomendasi