Trump Siap Bantu Pemulihan Gempa dan Tsunami Sulteng

| 02 Oct 2018 19:41
Trump Siap Bantu Pemulihan Gempa dan Tsunami Sulteng
Presiden Donald Trump (Twitter @realdonaldtrump)
Washington, era.id - Gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah mendapat perhatian dunia internasional, tak terkecuali Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Ia bahkan siap membantu pemerintah Indonesia untuk penanganan dan pemulihan pascagempa.

"Belasungkawa sedalam-dalamnya saya sampaikan kepada Indonesia. Yang pemimpinnya merupakan teman saya, dan mereka terkena tsunami besar, banyak orang tidak pernah melihatnya. Tapi penduduk di dunia bagian lain kerap mengalaminya," ucap Trump dalam konfrensi pers yang disiarkan Fox News, Selasa (2/10/2018).

Pria berusia 72 tahun itu juga mengatakan tsunami merupakan bencana paling buruk di antara bencana alam lainnya. Bahkan tsunami telah menyebabkan banyak orang meninggal

 

"Kita sudah melihat dan mengalami tornado, badai, seluruh bentuk bencana alam. Saya tidak tahu mengapa, tetapi teman saya itu belajar tentang bencana alam. Ia mengatakan tsunami adalah bencana terburuk. Mereka (warga Indonesia, red) dihantam sangat hebat. Mungkin ribuan orang telah meninggal," jelas Trump.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia bersedia menerima bantuan internasional untuk korban gempa bumi dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala.

Sudah ada 18 negara yang menawarkan bantuan kepada Indonesia. Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang mengirim bantuan. 

Selain AS, 17 negara lainnya adalah Perancis, Republik Ceko, Swiss, Norwegia, Hongaria, Turki, Australia, Korea Selatan, Arab Saudi, Qatar, Selandia Baru, Singapura, Thailand, Jepang, India, China, dan Uni Eropa.

Rekomendasi