Gempa 6,9 dan 5 Magnitudo Guncang Sulawesi Tengah

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Serangkaian gempa bumi mengguncang Sulawesi Tengah (Sulteng). Gempa pertama berkekuatan 6,9 magnitudo dan gempa susulannya berkekuatan 5 magnitudo.

BMKG juga sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami. Dalam keterangannya gempa terjadi pukul 18.40 WIB. Dengan pusat gempa berada di 85 kilometer arah barat daya dari Banggai, Sulteng. 
 

Pusat gempa berada di koordinat 1,90 Lintang Selatan dan 122,54 Bujur Timur. Gempa juga dirasakan di Poso, Buol, Morowali, Banggai dan Palu pada skala IV MMI, Kolaka Utara dan Toli-toli III-IV MMI.

Sumalata, Kotamobagu, Palopo, Kolaka, Makassar dan Kepulauan Konawe pada skala III MMI, Gorontalo dan Kendari II-III MMI, Manado, Pinrang dan Konawe skala II MMI. 

"Potensi tsunami untuk diteruskan pada masyarakat," demikian keterangan BMKG, Jumat (12/4/2019).



Dari video yang diterima era.id, gempa tersebut membuat panik warga. Warga berhamburan keluar rumah dan jalan-jalan sekitar. 

Gempa susulan berkekuatan 5 magnitudo juga terjadi, selang beberapa menit setelah gempa pertama. Lokasi gempa berada di koordinat 2,01 lintang selatan (LS) dan 122,49 bujur timur (BT).

Gempa susulan selanjutnya terjadi dengan magnitudo 5,2 pada pukul 19.12 WIB. Pusat gempa ada di koordinat 1,90 lintang selatan dan 122,56 bujur timur.

 

Tag: gempa prayforsulteng bmkg

Bagikan: