Palestina Bakal Kirim Tim Insinyur ke Palu

| 11 Oct 2018 18:14
Palestina Bakal Kirim Tim Insinyur ke Palu
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Dua pekan lebih bencana alam gempa bumi dan tsunami melanda Palu-Donggala, Sulawesi Tengah. Sejumlah bantuan, baik dari dalam maupun luar negeri masih terus berdatangan. Salah satunya Palestina, yang siap mengirimkan tim insinyur dan kesehatan untuk membantu percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi di wilayah terdampak bencana.

"Kami juga akan mengirimkan insinyur dan dokter kami untuk membantu rehabilitasi di Palu dan sekitarnya pasca gempa dan tsunami," ujar Direktur Jenderal Badan Kerja Sama Internasional Palestina ( Palestinian International Cooperation Agency/PICA) Imad Al-Zuhairi dalam konferensi pers di Jakarta, seperti dikutip Antara, Kamis (11/10/2018).

Palestina juga siap berdiskusi dengan pemerintah Indonesia untuk merealisasikan inisiatif tersebut. "Kami siap untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan Indonesia. Kita punya pengalaman bagaimana membangun pasca bencana," kata dia.

Imad mengatakan, PICA menyiapkan 24 orang yang terdiri atas tim kesehatan maupun insinyur untuk dikirimkan ke Palu dan wilayah sekitarnya.

 

"Namun rencana tersebut belum terealisasi karena terkendala medan yang sulit sebagaimana informasi yang kami dapatkan," kata dia.

Situasi dan kondisi lapangan yang sulit itu, lanjut dia, membuat Palestina melalui PICA memberikan bantuan berupa sarung, air mineral, terpal, tenda, selimut, kebutuhan untuk wanita dan bayi, genset serta penyimpanan air kepada masyarakat Sulawesi Tengah.

"Rencana awal kami ingin mendatangkan tim yang kami sediakan, namun dengan keadaan di lapangan kami mengirimkan bantuan logistik untuk masyarakat Sulawesi Tengah di Kedutaan Besar Palestina di Jakarta," kata dia.

Baca Juga : Bantu Bencana Sulteng, Relawan Asing Diminta Koordinasi

Selain itu, ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya atas bantuan Indonesia kepada rakyat Palestina selama ini.

"Indonesia selalu membantu Palestina dalam upaya mewujudkan kemerdekaan negara Palestina dan Al Quds sebagai kotanya," ujar dia.

Tags : prayforpalu
Rekomendasi