Viral Video Ketum PAN Zulhas Bagi-bagi Uang ke Masyarakat, Waketum PAN Bela Tak Ada Narasi Coblos PAN

| 13 Sep 2023 14:44
Viral Video Ketum PAN Zulhas Bagi-bagi Uang ke Masyarakat, Waketum PAN Bela Tak Ada Narasi Coblos PAN
Ketua Umum DPP PAN, Zulkiflis Hasan. (Antara)

ERA.id - Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menanggapi video viral Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang membagikan Rp50 ribu ke masyarakat. Ia menegaskan hal itu tak ada kaitannya dengan kampanye PAN.

"Tidak ada narasi untuk memilih atau mencoblos PAN. Makanya tidak tepat jika dikatakan menjurus ke politik uang," kata Viva dalam keterangannya, Rabu (13/9/2023).

Menurutnya, Zulhas sapaan akrabnya memang memiliki kebiasaan untuk bersedekah di tempat umum. Misalnya, di pasar, pelabuhan, kantor, lapangan olah raga, masjid, dan di setiap waktu dan kegiatan.

"Kebiasaan Bang Zulkifli Hasan membagi uang untuk sedekah adalah memang menjadi katakternya sebagai seorang yang dermawan, sesuai tuntunan agama. Menjadi seorang dermawan adalah sikap dan perilaku yang baik," katanya.

Ia menjelaskan Zulhas memang berasal dari anak yang "kesusahan". Latar belakang keluarganya petani desa yang hidup serba sederhana.

"Nasihat emaknya agar jika kita akan makan maka harus berbagi dengan tetangga. Tetangga jangan hanya mencium baunya, tapi juga harus dapat merasakan makanannya. Inilah yang membekas di hati Bang Zul untuk selalu berbuat baik dan berbagi," katanya.

Ia menilai membantu rakyat dengan bersedekah uang, barang, sembako, ilmu, atau pekerjaan baik apapun, merupakan sifat yang mesti diteladani. "Menjadi seorang dermawan itu untuk menjalankan ajaran agama agar mendapatkan pahala dari Allah, tidak untuk mendapatkan suara," katanya.

Rekomendasi