Terungkap! Bandar Narkoba Fredy Pratama Satu-satunya Pemasok Pil Yaba ke Indonesia

| 16 Sep 2023 10:25
Terungkap! Bandar Narkoba Fredy Pratama Satu-satunya Pemasok Pil Yaba ke Indonesia
Fredy Pratama (Dok Interpol)

ERA.id - Bareskrim Polri mengungkapkan bandar narkoba Fredy Pratama adalah satu-satunya pemasok narkotika jenis pil yaba ke Indonesia.

"Iya betul (pemasok) pil yaba. Pil yaba golongan satu. Iya betul satu-satunya kalau dari Thailand dia sendiri," kata Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri, Brigjen Mukti Juharsa kepada wartawan dikutip Sabtu (16/9/2023).

Mukti menambahkan Fredy mengedarkan pil yaba sama seperti sabu, yakni sama-sama melalui Malaysia. Jenderal bintang satu Polri ini juga membenarkan mertua Fredy Pratama merupakan bos kartel narkoba di kawasan Segitiga Emas atau Golden Triangle.

Diketahui, kawasan Segitiga Emas atau Golden Triangle di Asia Tenggara telah menjadi pusat perekonomian narkoba dan sumber penting narkotika dunia. Mengutip unodc.org, Segitiga Emas Asia Tenggara mencakup sebagian Thailand, Laos, dan Myanmar.

"Iya (mertuanya Fredy kartel Segitiga Emas)," ucap Mukti membenarkan.

Mukti menyebut mertua Fredy ini menjadi salah satu target untuk ditangkap penyidik Bareskrim Polri. Jenderal bintang satu Polri ini belum mau bicara banyak dan hanya menyebut, istri Fredy Pratama merupakan warga Thailand.

Terkait ada tidaknya anggota keluarga Fredy lain yang diduga terlibat kasus narkoba, belum diungkapkan jenderal bintang satu Polri ini.

"Kita melakukan kerjasama dengan Interpol, dengan kepolisan dari Thailand, dari Malaysia dan Imigrasi Thailand-Malaysia untuk mengetahui keberadaan Fredy Pratama," tambahnya.

Rekomendasi