Begini Tampang Fredy Pratama Buronan Pengendali Narkoba di Indonesia di Foto Interpol

| 15 Sep 2023 16:37
Begini Tampang Fredy Pratama Buronan Pengendali Narkoba di Indonesia di Foto Interpol
Fredy Pratama (Dok Interpol)

ERA.id - Bandar narkoba yang mengendalikan peredaran narkotika di Indonesia, Fredy Pratama alias Miming menjadi buronan sejak 2014 lalu. Namun, red notice atas Fredy baru terbit pada pertengahan tahun ini.

"(Red notice atas Fredy terbit) sejak bulan Juni 2023," kata Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri, Brigjen Mukti Juharsa kepada wartawan dikutip Jumat (15/9/2023).

Mukti menjelaskan red notice untuk Fredy baru terbit karena sindikat narkobanya baru terungkap pada Mei 2023 lalu.

"Kan sekarang baru kebongkar sindikatnya semua. Sindikatnya terbongkar dari mulai Mei kemarin terbongkar semua, makanya terbit lah red notice oleh Hubinter udah keluar," ujarnya.

Dilihat di situs interpol, wajah Fredy Pratama ditampilkan. Dari foto ini, Fredy Pratama berambut gondrong. Tidak ada jenggot atau kumis di wajahnya.

Dia mengenakan kalung dan mengenakan kaus warna biru. Dijelaskan, Fredy Pratama lahir di Banjarmasin pada 25 Juni 1985 dan berumur 38 tahun.

Sebelumnya, Brigjen Mukti Juharsa menerangkan Fredy Pratama belum berhasil ditangkap karena diduga melakukan operasi plastik.

"Ya ada kemungkinan dia mengubah wajah (atau) muka ya. Ya mau operasi plastik kita nggak tahu, dia mengubah identitas diri," kata Mukti di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan (Jaksel), Selasa (12/9).

Jenderal bintang satu Polri ini membenarkan Fredy Pratama merupakan warga negara Indonesia tepatnya warga Kalimantan Selatan (Kalsel). Dia menjadi buronan atau ditetapkan menjadi daftar pencarian orang (DPO) sejak 2014 lalu.

"Semua asetnya (Fredy Pratama) di Kalsel, Jawa Timur, di Yogyakarta, di Kalteng (Kalimantan Tengah), semua kita sita semua. Di kalsel semua habis dan Bali," tambah Mukti.

Rekomendasi