Viral! Warga Geruduk Kapel Jemaat GBI Cinere Bellevue di Gandul Depok, Kenapa?

| 16 Sep 2023 21:25
Viral! Warga Geruduk Kapel Jemaat GBI Cinere Bellevue di Gandul Depok, Kenapa?
Viral di media sosial sejumlah warga menggeruduk bangunan kapel atau rumah ibadah di kawasan Gandul, Cinere, Kota Depok. (Foto: dok: istimewa)

ERA.id - Viral di media sosial sejumlah warga menggeruduk bangunan kapel atau rumah ibadah di kawasan Gandul, Cinere, Kota Depok.

Dari narasi dan gambar yang dilihat di akun Instagram @depokhariini dan @gbicinere, sejumlah warga datang dan menggedor-gedor bagian depan gerbang kapel pada pagi tadi sekira pukul 07.00 WIB.

Kapel itu merupakan tempat jemaat GBI Cinere Bellevue melakukan ibadah tiap pekannya.

"Penolakan terhadap kantor pelayanan (kapel)/rumah doa GBI Cinere di wilayah Gandul. Persyaratan administrasi untuk izin pun sudah dilengkapi. Tanda tangan dan KTP sekitar, jemaat, dan lain-lain sudah dilakukan. Izin pun sudah diterbitkan oleh Kemenag," demikian keterangan gambar yang dilihat di akun Instagram @depokhariini, Sabtu (16/9/2023).

Dikonfirmasi, Kapolres Metro Depok Kombes Ahmad Fuady membenarkan sejumlah warga mendatangi kapel itu.

"Tadi pagi sekitar jam 07.00 Ketua LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Gandul dan jamaah yang ikut kajian subuh di masjid dekat lokasi kapel mendatangi lokasi kapel GBI untuk menyampaikan penolakan adanya kapel tersebut," kata Ahmad Fuady kepada wartawan, Sabtu (16/9/2023).

Fuady menjelaskan jemaat GBI Cinere Bellevue tidak sedang melakukan kegiatan dan tak ada di lokasi saat massa datang. Karena kapel kosong, massa meninggalkan lokasi.

"Setelah mendatangi lokasi para warga meninggalkan lokasi dan sama sekali tidak ada tindak kekerasan," ucapnya.

Dia pun menerangkan Polres Metro Depok berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran pelaksanaan ibadah semua pemeluk agama yang ada di Depok.

Rekomendasi