Ngaku Intel, Seorang Duda Ditangkap karena Tipu dan Bawa Kabur 2 Motor Milik Janda Asal Jakbar

| 11 Oct 2023 13:27
Ngaku Intel, Seorang Duda Ditangkap karena Tipu dan Bawa Kabur 2 Motor Milik Janda Asal Jakbar
Seorang duda, Yuda Waskita (37) ditangkap karena menipu dan membawa kabur motor janda asal Tambora, Jakarta Barat (Jakbar), WA (40). (Sachril/ERA.id)

ERA.id - Seorang duda, Yuda Waskita (37) ditangkap karena menipu dan membawa kabur motor janda asal Tambora, Jakarta Barat (Jakbar), WA (40). Dalam aksinya, tersangka berpura-pura bekerja sebagai agen di Badan Intelijen Indonesia (BIN).

"Pelaku bukan agen intelijen, dia hanya berpura-pura saja agar korban percaya dan mudah dia tipu," kata Kapolsek Tambora Kompol Putra Pratama kepada wartawan, Rabu (11/10/2023).

Putra menjelaskan korban dan pelaku sudah saling mengenal sejak satu tahun yang lalu. Keduanya lalu pacaran dari sekira tiga bulan lalu.

Yuda melakukan penipuan sebanyak dua kali. Penipuan pertama dilakukannya pada Sabtu (5/8) lalu dengan modus pelaku berpura-pura membawa sepeda motor WA ke bengkel untuk diperbaiki. Setelah motor dan surat-surat dibawa, Yuda menghilang.

Satu bulan kemudian, yakni pada Senin (11/9) silam, Yuda kembali datang ke kosan WA dan kembali meminjam motor berikut dengan surat-suratnya. Dia berdalih meminjam motor dengan modus mengambil motor pertama yang sudah selesai diperbaiki.

"Korban terperdaya lagi untuk kali kedua, setelah motor diserahkan pelaku kembali menghilang," ucapnya.

Dua motor yang dibawa kabur yakni Honda Vario 150 warna hitam dan Honda Vario 125 dengan total kerugian sekira Rp30 juta. WA yang merasa tertipu langsung melaporkan kasus ini ke polisi.

Penelusuran pun dilakukan dan Yuda ditangkap pada Selasa (10/10) kemarin dikawasan Ciputat, Tangerang Selatan. Yuda ditahan di Polsek Tambora dan dijerat Pasal 372 juncto Pasal 378 KUHP dengan ancaman pidana empat tahun penjara.

Rekomendasi