'Khashoggi' Terekam CCTV Keluar dari Konsulat Saudi

Tim Editor

Jamal Khashoggi (Twitter Hatice Cengiz)

Jakarta, era.id - Arab Saudi terus terdesak dunia internasional. Kini muncul fakta, satu dari 15 orang yang diduga pelaku pembunuh Jamal Khashoggi, berusaha 'mengecoh' rekaman CCTV. Memakai pakaian serta punya tubuh mirip kolumnis Washington Post itu, pria itu keluar dari konsulat mereka di Istanbul.

Rekaman ini berhasil didapatkan secara eksklusif CNN dari penegak hukum dan tim penyelidik dari Turki. Video ini bahkan sudah dipublikasi media itu, Senin (22/10/2018). Rekaman itu terjadi bertepatan dengan tewasnya Khashoggi.

Pria dalam video itu, teridentifikasi sebagai seseorang bernama Mustafa al-Madani. Dia adalah salah seorang yang dikatakan penyidik Turki sebagai pasukan pembunuh Saudi untuk menghabisi nyawa Khashoggi.




Tangkap layar dari video CNN

Saudi memang berminggu-minggu terus menyangkal Khashoggi tewas di konsulat mereka. Saudi berkilah Khashoggi sudah keluar dari konsulat pada 2 Oktober lalu. Faktanya, tinggi dan postur Mustafa al-Madani memang mirip dengan Khashoggi. Salah seorang pejabat senior di Turki makin yakin kalau pembunuhan Khashoggi sudah direncanakan dengan matang dengan menjadikan Mustafa al-Madani sebagai umpan.

"Anda tidak perlu tubuh ganda untuk interogasi," kata pejabat itu. 

"Penilaian kami belum berubah sejak 6 Oktober. Ini adalah pembunuhan terencana dan mayatnya dipindahkan keluar dari konsulat," lanjut pejabat itu lagi.

Khashoggi datang ke konsulat bermaksud untuk mengurus surat pernikahannya dengan Hatice Cengiz. Dan setelah kejadian ini, otoritas Turki menempatkan tunangan Khashoggi itu dalam perlindungan ketat selama 24 jam.
 

Tag: jamal khashoggi

Bagikan: