Rekaman CCTV Ungkap Proses Pemindahan Jenazah Khashoggi

Tim Editor

Ilustrasi Jamal Khashoggi (Mahesa/era.id)

Jakarta, era.id - Salah satu stasiun televisi Turki menayangkan sebuah rekaman CCTV dari proses pemindaah jenazah dari jurnaslis Arab Saudi, Jamal Khashoggi. Dalam rekaman itu terlihat sejumlah orang membawa koper dan tas yang diduga berisi 'potongan tubuh' Khashoggi.

Seperti diberitakan New York Times, Senin (31/12), rekaman video itu ditayangkan di televisi Turki, A-Haber pada Minggu (30/12) malam waktu setempat. Diberitakan, bahwa Khashoggi hilang setelah dibunuh agen dari kerajaan di dalam kediaman Konsul Jendral (Konjen) Saudi di Istanbul, Turki.

Diketahui bahwa kediaman Konjen Saudi hanya berjarak beberapa ratus meter dari gedung Konsulat Saudi di Istanbul yang menjadi lokasi pembunuhan Khashoggi pada 2 Oktober lalu. 



Berdasarkan informasi dari sejumlah sumber otoritas Turki, A-Haber menyebut jenazah Khashoggi yang telah dimutilasi ada di dalam koper dan tas-tas yang terlihat dalam rekaman CCTV itu. Tidak disebutkan lebih lanjut dari mana rekaman CCTV itu didapatkan. 

A-Haber menyebut bahwa koper dan tas-tas tersebut dimasukkan ke dalam sebuah minibus yang menempuh perjalanan singkat dari Konsulat Saudi menuju garasi kediaman Konjen Saudi. Ketiga pria kemudian terlihat membawa masuk koper dan tas-tas itu ke dalam kediaman Konjen Saudi.

Khashoggi, seorang wartawan Arab Saudi dan kolumnis untuk The Washington Post, hilang setelah ia memasuki Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada awal Oktober.

Setelah mulanya mengatakan Khashoggi telah keluar dari Konsulat itu "dalam keadaan hidup", Arab Saudi beberapa pekan belakangan mengakui bahwa ia tewas di sana, dan menuduh sekelompok agen merah Arab Saudi sebagai penyebab kematiannya.

Setelah dikeluarkannya satu dekrit kerajaan, Arab Saudi memecat lima pejabat senior, termasuk Al-Qahtani dan Al-Asiri.

Tag: jamal khashoggi

Bagikan: