100 Petugas Perbaiki Tanggul Jebol Jati Padang

| 17 Dec 2017 11:45
100 Petugas Perbaiki Tanggul Jebol Jati Padang
Tanggul jebol di Jati Padang (LEO/era.id)
Jakarta, era.id - Tak kuat menahan debit air hujan yang mengguyur Jakarta kemarin, tanggul di Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, jebol. Hari ini, sebanyak 70 pasukan oranye dan 30 petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) dari tujuh kelurahan di Pasar Minggu terjun memperbaiki tanggul.

Ratusan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) berseragam oranye itu terjun ke kubangan lumpur. Mereka menyumbat tanggul yang jebol dengan karung-karung pasir dan kawat beronjong. Sejumlah petugas juga menggunakan pompa untuk menyedot air yang sempat meluap ke pemukiman warga. 

Ketua RT 06/RW 06 Jati Padang, Fatimah mengatakan, jebolnya tanggul yang masih dalam perbaikan itu membanjiri sekitar 72 rumah.

"Jadi yang tadinya jebol di tanggul A ini pindah ke atasnya, yang kena dampaknya ada 72 rumah," kata Fatimah, Minggu (17/12/2017).

Fatimah menambahkan, warga sempat mengungsi ke Musala Ar-Ridwan. Namun tak berlangsung lama, warga kembali ke rumah masing-masing sekira pukul 21.00 saat banjir telah surut.

Ditemui terpisah, Camat Pasar Minggu, Agus Irwanto menjelaskan telah mengirim sejumlah bantuan kepada korban tanggul jebol berupa makanan. Selain itu, pihaknya juga melakukan pengecekan kesehatan kepada para korban.

"Kesehatan selalu kita cek, pagi kita cek, malam kita cek," ujar Agus.

Sebelumnya, sekitar pukul 17.40 WIB, Jati Padang kembali mengalami tanggul jebol. Tanggul yang jebol itu persis di sebelah tanggul yang baru saja diperbaiki pada Rabu (13/12/2017) lalu.

Minggu dini hari pukul 00.30 WIB, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat terjun langsung meninjau lokasi tanggul jebol. Anies menginstruksikan kepada para petugas agar menyelesaikan perbaikan tanggul paling lambat hari ini, dalam dua shift.

Tags :
Rekomendasi