Benarkah Moda Transportasi Udara Paling Aman?

Tim Editor

Jakarta, era.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, moda transportasi udara relatif lebih aman dibandingkan di darat dan laut. Sehingga, dia masih percaya terhadap maskapai komersial untuk keperluan kunjungan kerjanya ke luar negeri.

"Kan banyak yang mengatakan keamanan pesawat terbang itu sangat aman, karena luas. Lebih banyak orang meninggal akibat kecelakaan di darat daripada di udara, dari segi persentase jumlah orang atau jumlah penerbangan," kata Jusuf Kalla dikutip dari Antara, Selasa (30/10/2018).

Kejadian musibah jatuhnya pesawat Lion Air Senin pagi (29/10) mungkin membuat sebagian orang merasa takut bahkan mungkin trauma untuk menggunakan moda transportasi udara. Lantas bagaimana menurut statistik? Apakah moda transportasi udara paling aman diantara yang lain?

Merujuk data Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), tercatat sepanjang 2017 terdapat tujuh kasus kecelakaan penerbangan. Angka tersebut turun jika dibandingkan dengan tahun 2016 yakni tercatat 19 kasus dengan jumlah korban meninggal dunia mencapai 30 korban.

Menurut salah satu investigator KNTK dari subkomite penerbangan, Capt. Nurcahyo Utomo, mengatkan turunnya jumlah kecelakaan penerbangan mengindikasikan perbaikan keselamatan penerbangan. 

"Salah satunya terkait dengan masalah pengawasan oleh regulator yang juga semakin baik," katanya kepada Tempo (19/01/18).

Laporan KNKT itu sinkron dengan hasil ICVM audit USOAP dari ICAO, di mana nilai efektif implementasi terkait dengan keselamatan penerbangan Indonesia mencapai 81,15 persen. Jumlah tersebut meningkat dari audit tahun-tahun sebelmnya dan jauh di atas rata-rata dunia yang berada di angka 60 persen. 

Sedangkan jika kita melihat data Badan Statistik Transportasi Amerika Serikat, kecelakaan terbanyak dialami oleh moda transportasi jenis darat sebanyak 6.296.000 kejadian. Yang terbanyak adalah korban kecelakaan penumpang kendaraan roda empat sebanyak 6.243.000. Kemudian yang kedua adalah pengguna motor sebanyak 102.000 kecelakaan, dan terakhir adalah kecelakaan yang dialami oleh mobil truck sebanyak 4.414.000 kecelakaan.

Sementara untuk moda transportasi laut sebanyak 7.679 mengalami kecelakaan pada tahun 2015. Dan moda transportasi udara sebanyak 1.283 pada tahun yang sama. Itu artinya, melihat data yang ada, moda transportasi jenis udara memang masih dibilang jenis kendaraan yang paling aman.


Dari kami untuk seluruh keluarga korban JT 610 (Ilustrasi Audrey/era.id)

Tag: transportasi pesawat terbang

Bagikan: