Apa Makna Merah Putih di Balik Bendera PKB?

Tim Editor

Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding. (Wardhany/era.id)

Jakarta, era.id - PKB punya gambar bendera baru untuk Pemilu 2019. Gambar tersebut adalah logo partai yang memiliki latar belakang warna merah dan putih.

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding mengatakan, gambar ini bukan untuk melecehkan negara, merah putih. Tapi, ini adalah logo PKB yang dimodifikasi dan diberi latar belakang centang berwarna merah putih.


(Foto: Istimewa)

"Sebenarnya desain bendera PKB adalah bendera PKB dilatarbelakangi oleh centang merah dan putih. Sehingga sesungguhnya enggak ada yang perlu dipersoalkan," kata Karding saat dikonfirmasi, Kamis (8/11/2018).

Karding menjelaskan, merujuk pada UU terkait bahasa dan bendera, ditegaskan kalau bendera merah putih merupakan kain dari warna merah dan putih berukuran persegi yang dijahit dengan posisi kain berwarna merah di atas dan kain berwarna putih di bawah. Sehingga, tidak ada yang dilanggar dari bendera PKB sekarang ini.

"Kalau yang terjadi di PKB adalah, desain yang ada di PKB itu desain dengan centang, jadi modelnya seperti centang begitu. Jadi sebenarnya enggak ada yang perlu dipersoalkan," beber Karding.

Anggota DPR ini bilang, kalau memang partainya menggunakan bendera merah putih, itu jelas melanggar aturan. Namun faktanya, corak merah dan putih yang mereka gunakan bukan bendera, tapi membentuk pola centang di belakang logo partai. 

"Yang tidak boleh itu bendera merah putih ditempelkan PKB, itu enggak boleh. Jadi supaya semua jelas, desain PKB ini hanya lebih karena menggunakan warna merah dan putih sebagai bagian dari melengkapi penampilan dan tampak supaya lebih baik," tutup Karding.
 

Tag: pkb

Bagikan: