Disertasi dan Kursi Roda Stephen Hawking, Mana Lebih Mahal?

| 09 Nov 2018 13:29
Disertasi dan Kursi Roda Stephen Hawking, Mana Lebih Mahal?
Stephen Hawking (FOTO: Reuters)
Jakarta, era.id - Sebuah lelang dilakukan oleh Rumah Lelang Christies. Dalam lelang online ini, kursi roda bermotor dan disertasi fisikawan Inggris, Stephen Hawking terjual dengan nilai fantastis. Berapakah nilai jual kedua barang tersebut, dan mana kira-kira yang lebih mahal?

Dalam lelang ini, dua peninggalan Hawking itu terjual dengan nilai total 1 juta USD atau sekitar Rp14,6 miliar. Kursi roda berwarna merah milik Hawking terjual dengan harga 300.000 pound atau 391,740.00 USD.

Sementara itu, disertasi 117 halaman berjudul Properties of Expanding Universes milik Hawking terbitan tahun 1965 terjual lebih tinggi senilai 584.750 pound, jauh di atas perkiraan awal yang hanya 150.000 pound.

Selain kursi roda dan disertasi, barang-barang lain milik Hawking seperti esai, berbagai medali dan penghargaan serta salinan buku Hawking berjudul Brief History of Time yang ditandatangani dengan cap jempol juga dijual bersama manuskrip milik Isaac Newton, Charles Darwin, dan Albert Einstein.

Lelang online bertajuk On the Shoulders of Giants ini digelar sebagai gerakan pengumpulan dana untuk Stephen Hawking Foundation dan Asosiasi Penyakit Motor Neurone.

"Stephen Hawking adalah kepribadian yang sangat besar di seluruh dunia. Dia memiliki kemampuan luar biasa untuk terhubung dengan orang-orang," kata Thomas Venning, kepala Departemen Buku dan Manuskrip di rumah lelang Christie London, kepada Reuters menjelang acara tersebut.

Rekomendasi