Stephen Hawking dan Kursi Rodanya

Tim Editor

Stephen Hawking (Foto: Reuters)

Jakarta, era.id - Fisikawan Inggris Stephen Hawking disebut-sebut sebagai pengganti Albert Einstein. Ia merupakan profesor Lucasian dalam bidang matematika di Universitas Cambridge dan anggota dari Gonville and Caius College, Cambridge. 

Dia juga anggota dari Royal Society dan anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional AS dan Akademi Ilmu Kepausan dan memiliki tiga belas gelar kehormatan. Beberapa di antaranya adalah CBE (1982), Companion of Honor (1989), Presidential Medal of Freedom (2009), Fisika Dasar (2013), Copley Medal (2006), dan Wolf Foundation (1988). 

Pada 1963, Stephen mengalami kelumpuhan akibat penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) dan sangat bergantung pada kursi roda dan sistem suara komputerisasi yang didesain khusus untuk berkomunikasi. 

Dalam rangka memberikan penghargaan atas dedikasi Hawking dalam bidang sains, Intel Corporation mensponsori sistem kerja komputer yang dipakai di kursi rodanya. Sebelumnya, sistem ini hanya mampu mentransfer gerakan jari ke tulisan, namun lambat laun akhirnya menjadi suara. 

Teknologi ini yang membantu Hawking untuk tetap berkarya di sisa hidupnya. Dan semenjak penyakit ALS makin menggerogoti tubuh hingga jarinya sudah tidak dapat bergerak lagi, Travis Bonfield mengembangkan teknologi agar Hawking bisa berbicara hanya dengan menggerakkan otot pipinya.

Kursi roda Hawking dilengkapi dengan tablet Lenovo X220 yang terhubung ke sistem pengolah suara dan perangkat lainnya. Komputer tersebut sudah dilengkapi dengan Intel Core i7, lengkap dengan kamera yang dapat ia gunakan untuk menggunakan Skype dan dilengkapi dengan dua baterai yang berbeda; satu untuk mendukung perangkat teknologi komputernya dan lainnya untuk motor penggerak kursi rodanya.

Berikut spesifikasi kursi roda dan sistem komputerisasi milik Stephen Hawking.

Lenovo Yoga 260 provided by Lenovo and Intel
Intel® Core™ i7-6600U CPU
512GB Solid-State Drive
Windows 10
ACAT interface software provided by Intel

Speech Synthesizers (3 copies):
- Manufacturer - Speech Plus (Incorporated 1988, Mountain View, CA)
- Model - CallText 5010
- Speaker and amplifier provided by Sound Research

Permobil F3 wheelchair provided by Permobil

Tag: mengenang stephen hawking

Bagikan: