Kolera Tewaskan 175 Orang di Nigeria

| 13 Nov 2018 08:47
Kolera Tewaskan 175 Orang di Nigeria
Ilustrasi (Pixabay)
Maiduguri, Nigeria, era.id - Sedikitnya 175 orang dilaporkan meninggal akibat wabah kolera di bagian timur laut Nigeria. Dilansir dari Antara, Selasa (13/11/2018), sebanyak 10.000 orang di sana terjangkit wabah ini.

"Lebih dari 10.000 orang telah terpengaruh oleh wabah kolera, yang menyebar, di Nigeria, kata pemerintah. sebanyak 175 antara mereka dilaporkan meninggal di Negara Bagian Adamawa, Borno dan Yobe," kata Dewan Pengungsi Norwegia (NRC) di dalam satu pernyataan.

Seorang pejabat NRC di Maiduguri, Janet Cherono menyatakan, kebersihan yang buruk, orang buang hajat di tempat terbuka karena kekurangan toilet yang memadai dan air adalah penyebab wabah kolera di kamp pengungsi.

Ia meminta Pemerintah Nigeria segera bertindak guna menghindari risiko penyebaran wabah lebih jauh dan tingginya angka kematian pada 2019. 

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan 759 kasus kolera dideteksi dalam dua bulan dan 71 orang meninggal di Negara Bagian Yobe.

Kolera adalah penyakit diare akut, yang menyebabkan infeksi usus akibat bakteri kolera Vibrio --yang menyarang pada manusia yang minum air atau makan makanan yang tercemar.

Sebagian wilayah Nigeria sering terpengaruh wabah tersebut karena keterbatasan akses ke air minum yang bersih.

Wilayah itu juga dilanda aksi perlawanan kelompok gerilyawan garis keras Boko Haram, yang kamp pengungsi menjadi pusat penyakit tersebut.

Rekomendasi