Duh, Ada Sandal Jepit di Bangkai Paus

| 20 Nov 2018 10:50
Duh, Ada Sandal Jepit di Bangkai Paus
Foto bangkai paus sperma yang ditemukan di Pulau Kapota, Wakatobi. (Foto: Twitter @WWF_ID)
Jakarta, era.id - Seekor paus sperma (Physeter Macrocephalus) ditemukan terdampar dalam kondisi mati di Pulau Kapota, Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Bangkai paus ini ditemukan pada Minggu (18/11/2018) dalam kondisi tidak baik dan bagian tubuhnya sudah tidak lengkap lagi.

Dari Twitter @WWF_ID,  pihak berwenang disebut tak bisa melakukan nekropsi untuk mengetahui penyebab kematian paus malang tersebut karena bagian tubuh paus tersebut sudah membusuk.

 

Tapi, yang mengejutkan, menurut tulisan dari akun WWF Indonesia ini, terdapat 5,9 kilogram sampah plastik di dalam perut paus tersebut.

Sampah plastik ini terdiri dari plastik keras 19 buah atau dengan berat 140 gram, botol plastik sebanyak 4 buah dengan berat 150 gram, kantong plastik 25 buah dengan berat 260 gram, tali rafia 3,26 kilogram, dan gelas plastik sebanyak 70 buah dengan berat 750 gram.

Tak hanya itu saja, ternyata di dalam perut paus malang itu juga ada sandal jepit dua buah dan kantong plastik sebanyak 25 buah dengan berat 260 gram.

"Penemuan ini diungkap oleh investigasi bersama DKP Wakatobi, Badan Promosi Pariwisata Daerah, Akademi Kelautan dan Perikanan Wakatobi, WWF, bersama masyarakat setempat," tulis WWF Indonesia.

Dalam kicauan terakhirnya pun WWF Indonesia juga mengajak agar masyarakat untuk mengurangi sampah plastik. Sebab, ternyata sampah plastik bisa dimakan oleh hewan di laut dan akhirnya membahayakan diri para biota laut tersebut.

Jadi, siap kurangi sampah plastik tidak nih?

Baca Juga :

 

Rekomendasi