Dolar Kembali Merangkak Naik ke Rp14.500

Tim Editor

Ilustrasi rupiah (Pixabay)

Jakarta, era.id - Pekan ini nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali melemah di perdagangan. Dolar AS pun kembali merangkak naik dan bertengger di kisaran Rp14.500.

Mengutip dari data perdagangan Reuters, Rabu (28/11/2018) pukul 09.26 WIB, dolar AS dibanderol dengan harga pada kisaran Rp14.540. Posisi rupiah melemah 0,14 persen dibandingkan dengan posisi perdagangan di hari sebelumnya.



Dilihat dari grafik perdagangan, rupiah masih menunjukkan penguatannya dalam beberapa hari terakhir. Di mana rupiah bergerak di level Rp14.575 hingga Rp14.494.

Di sisi lain, harga jual dolar yang ditransaksikan antara bank di Jakarta masih menunjukkan nilai jual di kisaran Rp14.500 per dolar AS. Seperti dilihat era di Bank BCA, sekitar 09.38 WIB menjual dengan harga Rp14.536 per dolar AS, sementara harga jual tertinggi dipegang Bank Mandiri Rp14.550.



Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan bahwa dolar AS mengalami penguatan terhadap sejumlah mata uang dunia seiring kekhawatiran pasar mengenai perang dagang kembali muncul.

"Pasar terbebaninya risiko global karena harapan kesepakatan perang dagang Amerika Serikat dan China diperkirakan belum terjadi dalam waktu dekat," kata Ariston seperti dikutip dari Antara.

Ia mengemukakan Presiden AS Donald Trump menyatakan tetap mengenakan tarif 200 miliar dolar AS pada impor China menjadi 25 persen dari saat ini 10 persen. Di mana sentimen pasar cenderung bervariasi terutama dari sektor eksternal yang membuat laju rupiah tertahan.

"Di tengah situasi itu diperkirakan permintaan dolar AS akan meningkat karena kekhawatiran eksternal itu," katanya.

 

Tag: nilai tukar rupiah dolar as pertumbuhan ekonomi

Bagikan: