Ketertinggalan Indonesia Melihat AIDS

| 29 Nov 2018 08:50
Ketertinggalan Indonesia Melihat AIDS
Ilustrasi (era.id)
Jakarta, era.id - Pakar menilai stigma masyarakat Indonesia terhadap orang dengan HIV AIDS (ODHA) muncul karena sebagian besar belum memahami cara penularan penyakit tersebut.

Pakar hematologi Prof Zubairi Djoerban SpPD, KHOM mengatakan di Jakarta, Rabu (28/11/2018), menerangkan stigmasi negatif terhadap ODHA hingga saat ini masih terjadi di masyarakat.

Dia mencontohkan kejadian penolakan sekolah terhadap tiga anak ODHA yang terjadi beberapa waktu lalu di Samosir Sumatera Utara dan di penolakan rumah singgah khusus anak dengan ODHA di Solo Jawa Tengah pada tahun lalu.

"Sikap yang salah ini bukan karena orang-orang yang jahat, bukan karena gurunya, kepala sekolahnya, kesalahannya karena mereka belum paham cara penularan HIV," kata Zubairi.

Pada Oktober lalu dikabarkan tiga anak dengan ODHA ditolak di sejumlah sekolah di Kabupaten Samosir karena orang tua murid lainnya khawatir tertular kepada anak lain.

Padahal penularan HIV hanya terjadi dengan tiga cara, yaitu hubungan seksual, pertukaran atau kontaminasi darah seperti dalam penggunaan jarum suntik bersamaan, dan secara vertikal yang diturunkan dari ibu kepada anak.

Di luar dari itu, seperti anggapan masyarakat bahwa virus HIV bisa menular lewat bersentuhan, bersin, atau penggunaan barang yang sama adalah tidak benar.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 hanya 1 persen masyarakat yang memiliki pengetahuan tentang HIV keseluruhan secara umum, cara penularan dan pencegahannya, serta cara pemeriksaannya.

Sekitar 31,8 persen mengetahui sebagian, 65,2 persen hanya mendapatkan informasi yang tidak lengkap tentang HIV, 2 persen tidak memiliki pengetahuan tentang HIV/AIDS.

Pemahaman masyarakat yang masih rendah terhadap HIV/AIDS inilah yang menimbulkan diskriminasi terhadap ODHA dari masyarakat umum.

Tags : hiv/aids
Rekomendasi