'Soeharto Bukan Guru Korupsi, tapi Guru Besar Korupsi'

Tim Editor

Presiden Soeharto (Foto Reuters)

Jakarta, era.id - Wasekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah menyebut Soeharto adalah guru korupsi. Tapi Direktur Pusat Studi Konstitusi Universitas Andalas, Feri Amsari tidak setuju dengan pernyataan itu.

Feri Amsari bilang, Soeharto bukanlah guru korupsi. "Kata mahasiswa saya, pernyataan Pak Ahmad Basarah itu salah, Soeharto itu bukan guru korupsi. Yang tepat, guru besar korupsi," kata Feri dalam Konferensi Hukum Nasional 2018: Refleksi Hukum 2018 dan Proyeksi Hukum 2019 'Legislasi dan Kekuasaan Kehakiman' di Jember, Kamis, Kamis (6/12/2018).

Momen Feri menyampaikan hal itu, terekam dalam video dan viral di media sosial hari ini, Jumat (7/12/2018). Feri menjelaskan logika mahasiswanya yang menyebut Soeharto guru besar korupsi. 

Dirinya mengaku memuji mahasiswanya yang punya logika menarik. Termasuk soal korupsi masa jabatan. Jika harusnya seorang presiden hanya menjabat selama 10 tahun, di masa pemerintahan Soeharto justru seorang presiden bisa menjabat selama 32 tahun.

"Belum ada sejarahnya di Indonesia presiden ada korupsi periode. Hanya Soeharto!" tegas Feri.

Baca: Cara Soeharto Berantas Korupsi



Selain itu, menurut Feri, Soeharto memang pantas disebut guru besar korupsi karena Presiden Kedua RI itu justru mau memberhentikan aparat negara yang mau memberantas korupsi dan malah melindungi koruptor.

"Contoh kasus, Kapolri Hoegeng waktu mau menangkap beberapa koruptor menghadap ke Pak Harto, ‘saya mau nangkap si A, si B, si C’. Eh besok pagi Kapolri Hoegeng diberhentikan," jelas Feri.

Pemberhentian Hoegeng oleh Soeharto juga disebut Feri sebagai kejahatan korupsi yang luar biasa. "Aparat penegak hukum yang mau betul-betul serius mau memberantas korupsi, malah diberhentikan untuk melindungi para koruptor,” ujarnya.

"Kalau sudah ada orang melindungi para koruptor apa namanya? Benar juga itu mahasiswa saya. Menurut saya, pernyataan Pak Ahmad Basarah harus ditambah, ditambah menjadi guru besar koruptor," tutupnya.


 

Tag: presiden soeharto

Bagikan: