PKB Siap Sumbangkan 25 Juta Suara untuk Jokowi

Tim Editor

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dalam acara Konsolidasi Caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan sekaligus Haul ke-9 Gus Dur. (Wardhany/era.id)

Jakarta, era.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan, dalam Pilpres 2019, partainya siap menyumbang 25 juta suara untuk paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Cak Imin saat membuka acara Konsolidasi Caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan sekaligus Haul ke-9 Gus Dur. Jokowi juga hadir dalam acara tersebut.

“PKB bertekad minimal 25 juta suara untuk kita persembahkan kepada kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin,” ungkap Cak Imin di Balai Sarbini Komplek Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Senin (17/12/2018).

Cak Imin optimis target ini akan tercapai lantaran suara besar PKB, Nahdlatul Ulama dan ahli sunah yang dahulu menyumbang 11 juta suara dalam Pilpres 2014 tetap solid hingga sekarang. Bahkan dukungan itu diprediksi akan bertambah.

“Kita lakukan konsolidasi, keluarga besar NU, PKB dan ahli sunah. 11 juta lebih suara pemilu tahun 2014 lalu akan solid tetap mendukung pak Jokowi. Hari ini harus kita lipatkan dari 11 juta suara lalu,” tegas dia.

Dalam kesempatan itu, di hadapan capres Joko Widodo, Cak Imin berkelakar keyakinannya mampu melipat gandakan 3 kali dari 11 juta itu lantaran di tahun depan sang anak sudah bisa memiliki hak pilih. Selain itu, dia juga bercerita kini tetangganya juga mulai ikut memilih paslon nomor urut 01 tersebut.

"Karena dulu saya punya anak belum punya nyoblos. Sekarang dua-duanya sudah punya hak nyoblos. Dulu juga tetangga sebelah, ke arah sebelah sekarang sudah kita ajak ke arah kita. Sehingga kita bisa lipatkan," ujarnya.

Jokowi yakin dengan PKB

Jokowi mengaku terkesan dengan militansi para petinggi dan caleg PKB. Makanya dia yakin PKB bisa masuk ke peringkat tiga besar sebagai partai yang memiliki suara terbanyak.

"Saya melihat tadi dan merasakan bahwa energi di acara ini kelihatan dan saya tahu kenapa elektabilitas PKB trennya terus naik. Kalau dibiarkan terus, feeling saya bisa masuk tiga besar kalau partai yang lain diam, membiarkan," kata Jokowi memuji dalam sambutannya.



Presiden Jokowi menghadiri acara Konsolidasi Caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan sekaligus Haul ke-9 Gus Dur. (Wardhany/era.id)

Selain itu, Jokowi jika yakin PKB akan menambah kuat elektabilitasnya di Pilpres 2019 mengingat hampir 91 persen kadernya punya militansi untuk mendukung dirinya dan cawapresnya, Ma'ruf Amin.

"Saya mendapatkan angka bahwa seluruh caleg PKB memiliki militansi yang tinggi dan survei yang terakhir mengatakan 91 persen dari kader, simpatisan PKB memilih Jokowi-Ma'ruf, 91 persen sangat besar sekali," ungkapnya.

Meski mengaku yakin PKB akan mampu mendongkrak elektabilitasnya, namun capres petahana ini meminta agar para kader dan caleg PKB mampu mempertahankan elektabilitas dirinya. Caranya, dengan melawan isu negatif yang disebarkan oleh lawan politiknya. Apalagi, elektabilitas bisa saja tergerus jika tak pandai melawan isu.

"Sekarang ini memang yang bisa mengubah (elektabilitas) secara cepat itu isu. Enggak ada yang lain. Oleh sebab itu, harus bisa dibentengi isu-isu agar tidak menggerus elektabilitas," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta.

Tag: pemilu 2019 pkb jokowi-maruf amin

Bagikan: