Stasiun Sudirman-Bandara Soetta: 58 Menit
Stasiun Sudirman-Bandara Soetta: 58 Menit

Stasiun Sudirman-Bandara Soetta: 58 Menit

By Nanda Febrianto | 26 Dec 2017 15:56
Jakarta, era.id - Akses kereta listrik dari dan menuju Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, memasuki tahap uji coba mulai hari ini. Masyarakat yang ingin memanfaatkannya dapat membeli tiket minimal 30 menit sebelum keberangkatan.

Pembelian tiket kereta bandara ini melalui jalur online, di reservation.railink.co.id, atau aplikasi mobile Railing Ticketing. Sementara cara lain, memakai sistem tiket Airport Railways Ticketing System (ARTS), yaitu menggunakan kartu perbankan berupa kartu kredit atau debit di loket stasiun.

Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto mengatakan, tahap uji coba akan berlangsung hingga Senin (1/1/2017) mendatang. Pihaknya, kata Heru, mengenakan tarif Rp30.000 di masa uji coba, selanjutnya tiket akan ditetapkan Rp70.000 sekali jalan.

"Untuk harga, nanti akan kami evaluasi. Harapan ke depannya, sistem lebih stabil lagi," ucap Heru di Stasiun Sudirman, Jakarta, Selasa (26/12/2017). 

Untuk saat ini, pemakai kereta bandara hanya dapat memanfaatkan tiga stasiun. Adapun stasiun itu adalah Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Stasiun Batu Ceper, Tangerang dan Stasiun Bandara Soetta, Tangerang. Heru mengaku lokasi naik-turun penumpang kereta bandara akan terus ditambah setelah masa uji coba selesai.

"Ke depannya akan diperbanyak," ujar Heru.

Upaya terdekat, lanjut Heru, akan mengalokasikan Stasiun Duri dan Stasiun Manggarai sebagai naik-turun penumpang kereta bandara. Rencananya dua stasiun itu bisa dipakai dari dan menuju Soetta pada Kamis (1/3/2018).

Selama masa tahap uji coba ini, kereta bandara menyediakan 42 jadwal perjalanan. Rute perjalanan meliputi Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Soetta mulai pukul 03.51 WIB-21.51 WIB, Stasiun Soetta- Stasiun Sudirman Baru mulai pukul 06.10 WIB-23.10 WIB. Kedatangan kereta selama satu jam sekali di tiap stasiun.

Heru menjanjikan akan terus menambah jadwal kereta bandara hingga mencapai 82 skedul. Nantinya jarak interval kedatangan kereta bandara hanya 30 menit. Namun, lanjut Heru, fokus utama PT Railink untuk melakukan evaluasi dari segi operasi, teknis, dan traffic selama masa uji coba. Pihaknya tidak menargetkan berapa penumpang.

"Kami akan menyediakan jadwal untuk 82 kereta agar jarak waktu keberangkatan dapat dipersingkat menjadi 30 menit," kata Heru. "Ini lebih ke arah sosialisasi," lanjutnya.

Era.id yang hadir dalam pelaksanaan uji coba kereta bandara ini mencatat waktu perjalanan dari Stasiun Sudirman Baru menuju Stasiun Soetta adalah 58 menit. Selanjutnya, setelah sampai Stasiun Soetta, penumpang kereta bandara dapat menggunakan skytrain menuju terminal 1, 2 dan 3 bandara. 

Jika ingin menggunakan kereta bandara dari Stasiun Soetta menuju tempat berbeda, penumpang diharuskan untuk membeli tiket baru. Selebihnya, prosedur sama seperti keberangkatan.

 

Tags :
Rekomendasi
Tutup