Pak Airlangga, Pilih Salah Satu dong!

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Pengamat Politik Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti (MERY/era.id)

Jakarta, era.id - Pengamat Politik Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti menilai, rangkap jabatan yang dimiliki seorang menteri bukanlah sebuah prestasi. Justru itu tren yang sudah usang. Ray khawatirkan fokus petinggi kementerian akan terbelah sehingga kinerjanya tidak optimal.

Pernyataan Ray itu menyusul ditetapkannya Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar yang tak kunjung menyatakan pengunduran dirinya.

"Jadi saya usulkan ke Airlangga, mendingan ikuti tren yang lain saja. (Menteri dari fraksi) PKB keluar dari pengurus partai, Anas Urbaningrum mundur dari anggota DPR waktu dulu terpilih jadi Ketum Demokrat. Anggota DPR lagi ya, belum masuk kabinet," kata Ray, Selasa (26/12/2017).

Ray menegaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga harus konsisten terkait posisi Airlangga Hartarto di dalam kabinet kerja. Hingga saat ini Jokowi juga belum menyatakan sikapnya.
 

"Jadi sebetulnya bukan Airlangga, tapi lebih ke Pak Jokowi. Karena komitmen untuk mengundurkan diri dari kabinet kan bukan komitmen partai, itu aturan yang dibuat oleh Jokowi sendiri untuk kabinetnya, bahwa mereka yang duduk di dalam kabinet itu harus di luar pengurus partai politik,” ujar dia.

Menurut Ray, Jokowi harus menegakkan aturan yang dibuatnya sendiri. Terlebih, sudah hampir dua pekan Airlangga terpilih sebagai Ketum Golkar.

"Mungkin Pak Jokowi berkirim surat kepada Airlangga, meminta untuk mundur. Kalau enggak (mundur) ya dimundurkan,” saran Ray.

Di sisi lain, Ray menilai, apabila aturan ini tak ditegakkan, maka bisa menciderai komitmen yang sudah dibangun selama tiga tahun terakhir.

Diketahui, dalam tiga tahun berjalannya Kabinet Kerja Jokowi-JK, sejumlah menteri telah melepaskan jabatannya sebagai pengurus parpol, antara lain Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menko Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto.

Tag: airlangga hartarto rangkap jabatan

Bagikan: