OTT Terbanyak Sepanjang Sejarah KPK Berdiri

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Laporan akhir tahun KPK. (Tasya/era.id)

Jakarta, era.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 19 kali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) sepanjang 2017. Hal ini disampaikan pimpinan KPK dalam jumpa pers Kinerja KPK tahun 2017.

Pimpinan KPK Basaria Panjaitan mengungkapkan, jumlah kasus OTT yang ditangani KPK pada tahun 2017 melampaui jumlah pada tahun sebelumnya.

"Jumlah kasus tangkap tangan di tahun 2017 ini melampaui tahun sebelumnya dan merupakan jumlah terbanyak dalam sepanjang sejarah KPK berdiri," ungkap Basaria dalam jumpa pers tersebut, Rabu (27/12/2017) di Gedung Penunjang KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Basaria kemudian menjelaskan, dari total operasi tersebut, ada 72 orang tersangka yang terdiri dari anggota legislatif dan beberapa kepala daerah. Namun jumlah tersebut masih bisa bertambah seiring dengan berkembangnya penyidikan.

Selain itu, Basaria menjelaskan, selama tahun 2017 lembaga antirasuah ini melakukan ratusan tindakan penyelidikan, penyidikan dan penuntutan serta eksekusi terhadap putusan pengadilan.

"Pada tahun 2017 KPK melakukan 114 Penyelidikan, 118 Penyidikan, dan 94 kegiatan kasus baru maupun sisa penangan pada tahun sebelumnya. Selain itu (KPK) juga melakukan eksekusi terhadap 76 putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap," ujar Basaria.


Lalu, berapa sih uang negara yang berhasil diselamatkan KPK di tahun ini? cek infografis di bawah ini yak:

Tag: kpk

Bagikan: