Pak Airlangga, Emang Sanggup Rangkap Jabatan?

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Airlangga Hartarto (ig)

Jakarta, era.id – Pak Airlangga Hartarto, kini makin sibuk. Saking sibuknya, mungkin udah enggak sempat liburan di akhir tahun ini, walau sekadar merencanakannya.

Kenapa sibuk? Sudah sepekan ini, Airlangga merangkap jabatan sebagai Menteri Perindustrian dan Ketua Umum Partai Golkar. Sebagai menteri, dia wajib membantu Presiden Joko Widodo mengegolkan program unggulan pemerintah.

Tugas lain yang enggak kalah berat, Airlangga juga harus mengembalikan soliditas dan kejayaan Golkar yang dalam periode ini diterpa banyak cobaan. Mulai dari dualisme kepengurusan, hingga rusaknya nama partai akibat kasus korupsi. Wah, Pak Airlangga harus kerja keras nih, malah harus kerja lebih dari sekuat tenaga.

Namun, Airlangga belum juga memilih mundur dari menteri. Soal jabatan, dia serahkan semua pada keputusan Presiden Jokowi.

Tugas Menperin berat lho, buktinya Jokowi pernah mencopot Saleh Husin, menteri sebelum Airlangga. Pasti Jokowi berharap Airlangga bisa membawa Kemenperin perform lebih baik dong.

Jadi Ketua Umum Golkar juga kan enggak enteng. Apalagi di tengah kondisi internal yang terluka, berbarengan dengan keharusan menetapkan Ketua DPR pengganti Setya Novanto dan menyiapkan strategi menghadapi tahun politik 2018 dan 2019. Waktu sangat terbatas, jadi Airlangga harus taktis merumuskan dan mengambil keputusan terkait partainya.

Sebelum Airlangga, menteri-menteri dari partai politik sudah nonaktif sebagai pengurus partai. Contohnya Puan Maharani yang nonaktif sebagai Ketua Bidang Politik DPP PDI Perjuangan karena menjabat Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Tengok juga Wiranto yang rela melepas jabatan Ketua Umum Partai Hanura setelah ditunjuk Jokowi menjadi Menkopolhukam.

Seandainya Jokowi teguh memegang komitmen, enggak akan muncul polemik menteri rangkap jabatan.

Tag: golkar rangkap jabatan airlangga hartarto jokowi

Bagikan: