Raker dengan BNPB, DPR Minta Prioritaskan Mitigasi Bencana

| 08 Jan 2019 17:14
Raker dengan BNPB, DPR Minta Prioritaskan Mitigasi Bencana
Raker Komisi VIII dengan BNPB (Mery/era.id)
Jakarta, era.id - Komisi VIII DPR menggelar rapat kerja dengan Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB). Ada beberapa agenda yang dibahas dalam rapat tersebut, termasuk soal evaluasi bencana yang terjadi sepanjang 2018.

“Agenda BNPB untuk evaluasi 2018 termasuk evaluasi bencana-bencana tadi. Tapi 2019 mungkin dipacu dan dipicu oleh kasus-kasus maka mulai menyadari bahwa harus mulai fokus pada mitigasi," kata Wakil ketua komisi VIII, Sodik Mudjahid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Di tahun 2019, BNPB diminta fokus pada persoalan mitigasi bencana. Mengingat selama ini fokus hanya dilakukan pada upaya tanggap darurat. 

"itu sebabnya maka bukan hanya sigap pada tanggap darurat tapi diprioritaskan mitigasi,” lanjut Sodik.

Komisi VIII, kata Sodik, berharap dapat mengubah pandangan paradigma dari masyarakat tentang kesadaran dan pemahaman dalam menghadapi bencana. Selain itu, nantinya akan ada penguatan early warning system dan alat-alat pendeteksi dini bencana lainnya. 

“Masyarakat dilatih dan disosialisasikan. contohnya Palu sudah diwarning tapi tidak peduli, Jawa Barat juga ya diwarning, ya daerah Lembang, daerah rawan juga tapi sampai sekarang Kabupaten Bandung atau Subang tidak pernah ada sosialisasi kan atau diklat karena apa? Karena belum ada budaya mitigasi,” terangnya.

Rekomendasi