Mengenal Sosok Nukman Luthfie di Mata Keluarga

| 13 Jan 2019 14:56
Mengenal Sosok Nukman Luthfie di Mata Keluarga
Nukman Luthfie saat menghadiri acara haul Gus Dur. (Foto: Twitter @nukman)
Kendal, era.id - Mendiang Nukman Luthfie, yang dikenal sebagai pakar media sosial Indonesia, dinilai sebagai sosok yang ulet di mata keluarga, termasuk adik-adiknya. Dia telah meninggal dunia Sabtu (12/1) dan sempat dirawat karena terkena serangan strok di Rumah Sakit (RS) Bethesda Yogyakarta sejak Sabtu (5/1).

"Soal ulet, Mas Nukman itu yang pertama. Kebetulan, beliau anak kedua dari sembilan bersaudara. Kakak pertama saya, perempuan," kata Fahmi Makky, adik Nukman Luthfie di Kendal, Jawa Tengah, dilansir Antara, Minggu (13/1/2019)

Ditemui usai pemakaman, Fahmi menceritakan Nukman secara tidak langsung seperti menjadi anak sulung, sebagai anak laki-laki pertama dari keluarga dan memang sangat bertanggung jawab.

Apalagi, sudah ditanamkan di dalam keluarga mengenai prinsip ulet, terbukti dari karier Nukman yang pernah menjadi kolumnis artikel, jurnalis, hingga menjadi analis medsos.

Meski jebolan Jurusan Teknik Nuklir UGM Yogyakarta itu, sosok kelahiran Semarang, 24 September 1964 itu akhirnya lebih banyak berkecimpung dan berkarier di dunia media.

"Di keluarga ada prinsip. Apa yang terlihat, asal selalu kamu tekuni pasti bisa. Ya, awalnya Mas Nukman di jurnalis juga di desk teknik. Enggak jauh dari kuliahnya," katanya.

Ayah tiga anak itu banyak menghabiskan masa sekolahnya di Semarang dengan menempati rumah keluarga besarnya di Jalan Pemuda 105 Semarang, yang sekarang ini berada persis di depan Paragon Mal Semarang.

Bahkan, suami Nurul Akhatik itu menamatkan pendidikan menengah atasnya di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Semarang, sebelum melanjutkan kuliahnya di Kota Gudeg.

Hanya saja, kata dia, semasa taman kanak-kanak (TK), Nukman pernah ikut kakeknya yang merupakan ulama besar Nahdlatul Ulama (NU), yakni KH Achmad Abdul Hamid, bersekolah di Kendal.

Fahmi menceritakan Nukman mulai dirawat di Rumah Sakit (RS) Bethesda Yogyakarta pada Sabtu (5/1) lalu karena terkena stroke, tetapi tidak banyak diinformasikan agar bisa banyak beristirahat.

"Ini stroke yang ketiga. Almarhum ketika itu di Yogyakarta karena mampir setelah ada acara di Semarang. Kebetulan, anaknya berlibur di rumah mertua. Tetapi, kemudian drop," katanya.

Pada Minggu (6/1), Fahmi sempat menjenguk kakaknya itu dan kondisinya ketika itu sudah lumayan bagus karena kaki dan tangannya sudah bisa digerakkan, tinggal jari-jarinya atau motorik halus.

"Diajak ngobrol, daya ingatnya juga masih bagus. Sabtu (12/1) malam itu sebenarnya sudah persiapan pulang. Diizinkan dokter dirawat di Jakarta, tetapi malah drop," kenangnya.

Jenazah Nukman Luthfie yang meninggal Sabtu (12/1) pukul 22.15 di Yogyakarta, telah dimakamkan di Kompleks Tempat Pemakaman Umum (TPU) Grabag, Langenharjo, Kabupaten Kendal, Jateng, Minggu. Lokasi makamnya berdekatan dengan makam kakeknya dan persis di samping makam ibundanya.

 

Tags : media sosial
Rekomendasi