Tak Sempat Jawab, Ma'ruf Amin: Saya Dukung Jokowi

| 17 Jan 2019 21:24
Tak Sempat Jawab,  Ma'ruf Amin: Saya Dukung Jokowi
Jokowi-Ma'ruf Amin (Mahesa/era.id)
Jakarta, era.id - Paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin menjawab pertanyaan terkait penegakan hukum. Sayangnya dalam kesempatan ini Ma'ruf Amin hanya bisa menjawab singkat.

"Saya mendukung pernyataan Pak Jokowi," ucap singkat Ma'ruf Amin dalam debat Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Sejatinya pernyataan Ma'ruf menambahi pernyataan Jokowi. Di mana Capres nomor 01 itu sebelumnya berbicara tentang penegakan hukum dan HAM yang, menurutnya, tidak bisa dipertentangkan.

"Jangan mempertentangkan antara HAM dan penindakan hukum. Penindakan hukum yang sesuai dengan prosedur itu bukan pelanggaran HAM," ungkap Jokowi.

Menurut Jokowi, penahanan terhadap tersangka itu memang merampas kebebasan seseorang. Tapi, penahanan itu juga untuk melindungi lebih banyak orang dari tindakan kriminalisasi.

"Jika ada pelanggaran hukum yang melanggar prosedur, penindakan hukum yang langgar prosedur, ada mekanisme yang bisa kita tempuh. Lewat praperadilan misalnya. Jadi, jangan dipertentangkan antara penegakan hukum dan HAM," jelas Jokowi.

Rekomendasi