Pengamanan Kalijodo Ketat, Barang Bawaan Diperiksa
Pengamanan Kalijodo Ketat, Barang Bawaan Diperiksa

Pengamanan Kalijodo Ketat, Barang Bawaan Diperiksa

By bagus santosa | 31 Dec 2017 20:25
Jakarta, era.id - Pesta malam tahun baru merupakan sesuatu yang ditunggu dan dirayakan oleh masyarakat Indonesia. Berbagai tempat wisata di ibu kota menawarkan fasilitas yang seru untuk menghabiskan malam tahun baru.

Salah satunya Taman Kalijodo, yang kini telah menjadi tempat yang ramah untuk anak-anak. Di malam pergantian tahun ini, Ruang terbuka hijau (RTH) Kalijodo dibuatkan dua panggung untuk pertunjukan dangdut.

Kepala Keamanan Taman Kalijodo, Jamaludin mengatakan, ada 100 orang dari berbagai elemen masyarakat menjaga keamanan taman tersebut. Dia menegaskan, pengamanan di lokasi ini pun akan dilakukan secara ketat.

"Kadang kita memeriksa bawaan orang-orang, kami terkadang memeriksa tas bawaan yang kita lihat, yang bawa itu, ada sedikit tidak meyakinkan, kita periksa. Kadang kita menemukan, mereka membawa minuman keras," kata Jamal kepada era.id, di Jakarta, Minggu (31/12/2017).

Pemeriksaan barang bawaan ini, kata Jamal, adalah kegiatan rutin yang diterapkan di Taman Kalijodo. Namun, untuk malam tahun ini diperketat demi mengurangi warga yang meresahkan akibat efek alkohol.

Jamal menambahkan, pengamanan juga dilakukan untuk kendaraan pengunjung Taman Kalijodo. Jamal sudah menata tempat parkir dengan baik dan mengenakan biaya Rp5.000 buat kendaraan yang masuk ke tempat itu. Ketika parkiran penuh pun, dia sudah menyiapkan lahan parkir tambahan. 

"Kita sudah bekerjasama dengan pihak setempat, di kolong tol untuk di tempatkan sebagai tempat parkir kendaraan roda empat. Khusus sepeda motor saja yang bisa masuk, karena area parkir kita terbatas," jelasnya.

Acara perayaan malam tahun baru di ruang terbuka hijau (RTH) Kalijodo ini digelar secara kolektif oleh warga tanpa bantuan anggaran dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Meski tanpa bantuan pemerintah, RTH Kalijodo membangun dua panggung yang akan diisi oleh pertunjukan dangdut.

Malam pergantian tahun baru 2018 digelar di beberapa titik di Jakarta. Berikut rangkuman tim era.id tentang lokasi yang bakal dijadikan pusat perayaan malam tahun baru:

Rekomendasi
Tutup