Jokowi Siapkan Airlangga Jadi Cawapres?

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Presiden Joko Widodo (Setneg.go.id)

Jakarta, era.id – Kalender sudah berganti dan Indonesia bersiap masuk ke tahun politik. Tahun boleh berubah, tapi ada yang masih tetap sama. Airlangga Hartarto masih duduk manis sebagai Menteri Perindustrian dan Ketua Umum Partai Golkar.

Sejak awal kabinet dibentuk, Presiden Jokowi minta menterinya tidak rangkap jabatan supaya bisa fokus bekerja. Contohnya Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani serta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang langsung nonaktif sebagai pengurus PDI Perjuangan saat ditunjuk Jokowi. Sama halnya dengan Wiranto, rela melepas jabatan Ketua Umum Partai Hanura saat diminta Jokowi jadi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan.

Tapi kenapa sekarang Airlangga masih rangkap jabatan? Apa spesialnya untuk Jokowi?

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, menilai keputusan Jokowi terkait Airlangga berhubungan dengan agenda politik. Bahkan menurut Adi, bisa saja Airlangga disiapkan menjadi salah satu figur bakal calon wakil presiden pendamping Jokowi pada Pilpres 2019. 

"Mungkin saja begitu, tapi peluangnya tipis," kata Adi kepada era.id.

Menurut dia, Jokowi lebih diuntungkan jika melepas Airlangga dari kabinet. Dukungan Golkar pada pemerintah diyakini tak akan berubah, dan Jokowi tidak dianggap menelan ludah sendiri terkait komitmen melarang menteri rangkap jabatan.

"Sejak awal Jokowi kan keras, milih menteri atau ketum parpol. Ke Airlangga komitmen ini mestinya berlaku sama. Jokowi bakal banyak mendapat nilai positif jika melepas Airlangga," lanjutnya.

Diwawancara terpisah, Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Idrus Marham menilai tidak ada masalah meski Airlangga merangkap jabatan menteri dan ketua umum partai. Bagi dia, rangkap jabatan Airlangga sama-sama menguntungkan secara politik untuk Golkar dan Jokowi.

"Tidak akan mengganggu, bahkan semakin memperkuat. Saya jamin 1.000 persen tidak mengganggu," jamin Idrus.

Tag: jokowi airlangga hartarto rangkap jabatan

Bagikan: