Trump Akhiri Shutdown AS untuk Sementara Waktu

| 28 Jan 2019 11:23
Trump Akhiri <i>Shutdown</i> AS untuk Sementara Waktu
Presiden Donald Trump (Twitter @realdonaldtrump)
Jakarta, era.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sepakat untuk mengakhiri shutdown, setelah hampir 35 hari lamanya. Perekonomian AS bahkan merugi dan telah kehilangan setidaknya 6 miliar dolar AS atau setara Rp85 triliun selama shutdown.

Mengutip dari laporan Reuters, Senin (28/1/2019) kerugian ekonomi tersebut disebabkan hilangnya produktivitas karena para ratusan pegawai terpaksa tak bekerja dan aktivitas ekonomi lumpuh. Terlebih Shutdown yang dilakukan Trump menjadi yang terlama sepanjang sejarah AS.

Meskipun menyepakati berakhirnya shutdown, pembahasan anggaran mengenai tembok perbatasan AS-Meksiko masih akan kembali dijadwalkan oleh Trump. Dalam 21 hari kedepan, Trump akan kembali menagih janji mengenai rencana tembok perbatasan.

"Saya akan menandatangani undang-undang untuk membuka kembali pemerintahan kita selama tiga pekan," kata Trump

"Selama 21 hari ke depan, saya berharap baik Partai Demokrat dan Republik akan bekerja dengan itikad baik," imbuhnya. 

Dalam akun Twitter pribadinya, Trump menekankan bahwa jika dinding tidak dibangun, maka dia akan mengeluarkan status darurat di perbatasan. Apalagi 21 hari masa tenggang akan berlalu dengan cepat.

 

Shutdown yang berkepanjangan telah membuat sekira 800.000 pekerja di lingkungan pemerintah federal AS bekerja tanpa digaji. Banyak di antara mereka mengajukan tunjangan pengangguran atau pensiunan untuk memenuhi kebutuhan hidup. 

 

Rekomendasi