Trump Digugat 16 Negara Bagiannya

| 19 Feb 2019 20:51
Trump Digugat 16 Negara Bagiannya
Presiden Donald Trump (Twitter @realdonaldtrump)
Jakarta, era.id - Sebanyak 16 negara bagian di Amerika Serikat (AS) menggugat pemerintahan Presiden Donald Trump. Gugatan itu dilakukan setelah Trump menetapkan status darurat nasional demi mendapat dana pembangunan untuk tembok perbatasan Meksiko.

Melansir dari New York Times, 16 negara bagian itu adalah California, Colorado, Connecticut, Delaware, Hawaii, Illinois, Maine, Maryland, Michigan, Minnesota, Nevada, New Jersey, New Mexico, New York, Oregon dan Virginia.

Gugatan itu juga telah didaftarkan pada Pengadilan federal di San Francisco, California. Dalam gugatan hukum itu disebutkan bahwa penetapan kondisi darurat nasional oleh Trump telah melanggar konstitusi.

Gugatan hukum itu sebelumnya diumumkan oleh Jaksa Agung California, Xavier Becerra, yang menyatakan negara bagian California dan negara bagian lain di AS memiliki legal standing karena berisiko kehilangan dana yang ditujukan untuk proyek militer, bantuan bencana dan tujuan lainnya. 

"Kami menggugat Presiden Trump untuk menghentikan dia secara sepihak merampok dana pembayar pajak yang disisihkan Kongres untuk rakyat di negara-negara bagian kami," ucap Xavier Becerra.

 

Ditambahkan dalam dokumen itu bahwa Trump 'telah mengarahkan negara menuju krisis konstitusional yang dipicunya sendiri

"Kongres berulang kali menolak desakan presiden untuk mendanai tembok perbatasan, yang menghasilkan shutdown terlama yang berlangsung selama 35 hari akibat perselisihan tembok perbatasan," lanjut pernyataan itu. 

Seperti diketahui, Trump mengajukan dana 5,7 miliar dolar AS untuk membangun tembok perbatasan. Namun berdasarkan keputusan Kongres hanya memberinya 1,375 miliar dolar AS untuk membangun pagar perbatasan, bukan tembok perbatasan seperti keinginannya. Hal ini pula yang menyebabkan terciptanya kondisi shutdown di AS selama hampir sebulan lamanya. 

Tembok perbatasan juga merupakan janji Trump sejak kampanye presiden 2016 lalu, itulah sebabnya dia memperjuangkannya mati-matian. Demi mendapatkan dana tersebut, Trump akhirnya menerapkan status darurat nasional.

Trump beralasan, ribuan imigran ilegal dari Amerika Tengah yang berusaha masuk dari Meksiko telah menciptakan situasi darurat. 

Rekomendasi