5 Oleh-oleh Khas Kota Kelahiran Jokowi

Tim Editor

Intip goreng (surakarta.go.id)

Jakarta, era.id -  Kota Solo memiliki berbagai macam kuliner menggiurkan. Selain dapat disantap saat liburan di Solo, beberapa camilan di kota kelahiran Presiden Joko Widodo itu juga bisa dibawa untuk oleh-oleh .

Apa saja oleh-oleh yang dimaksud? Berikut rangkumannya;

Intip goreng
Intip goreng merupakan makanan khas Solo yang eksis selama puluhan tahun. Intip berasal dari kerak nasi dan memiliki berbagai macam rasa, di antaranya asin dan manis. Untuk rasa yang terakhir menjadi idola para traveler karena menggunakan topping dari gula Jawa cair. 

Rambak petis
Keluarga di rumah menyukai kudapan yang memiliki rasa gurih dan renyah? Rambak petis cocok disajikan sebagai buah tangan. Rambak petis terbuat dari kulit sapi yang digoreng kering dengan tambahan penyedap berupa saus kecap manis dan petis. Seperti kerupuk, jenis camilan ini bisa disajikan melengkapi makan besar.

Carang gesing
Carang gesing merupakan olahan pisang yang dikukus dengan santan dan gula. Rasanya yang gurih dan lembut menjadikan kudapan tradisional ini kerap dijadikan sebagai menu sarapan di Solo. 

Klengkam
Klengkam terbuat dari kentang goreng berbumbu rempah-rempah. Pilihan oleh-oleh ini memiliki tekstur tipis dengan warna merah yang berasal dari cabai. Di Jawa, biasanya klengkam melengkapi nasi kuning untuk acara Kenduri. Namun, klengkam atau kering kentang dapat dinikmati sebagai camilan.

Brem Solo
Brem merupakan camilan yang diolah dari sari tape ketan. Camilan ini ketika dikonsumsi dapat memberikan sensasi dingin di mulut. Rasa dingin tersebut menjadikan brem cocok dikonsumsi ketika cuaca sedang terik. 















 

Bagikan: