BSSN Terbentuk, MPR: Kejahatan Siber Berkurang
BSSN Terbentuk, MPR: Kejahatan Siber Berkurang

BSSN Terbentuk, MPR: Kejahatan Siber Berkurang

By bagus santosa | 03 Jan 2018 15:49
Jakarta, era.id - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melantik Djoko Setiadi menjadi Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). 

Ketua MPR Zulkifli Hasan percaya Djoko mampu mengemban tugas ini. Apalagi, Zulkifli kenal dengan Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) itu.

"Beliau (Djoko Setiadi) itu orang baik, dia orang yang lurus saya ucapkan selamat dan saya doakan dia bisa mengerjakan tugasnya (Sebagai BSSN) dengan baik," ucap Zulkifli di Kompleks Parlemen DPR, Rabu (3/1/2018).

Menurutnya, badan siber ini penting dibentuk untuk memonitor dan melihat pergerakan di dunia maya.

"Tentu trennya harus bisa betul-betul melakukan perbaikan untuk kemajuan bangsa dan negara. Ya paling tidak kejahatan-kejahatan siber bisa dikurangi," kata Zulkifli.

Untuk diketahui, BSSN memiliki delapan fungsi, diantaranya terkait dengan identifikasi, deteksi, proteksi, penanggulangan e-commerce, persandian, diplomasi siber, pusat manajemen siber, pemulihan dan penanggulangan kerentanan, insiden dan serangan siber. 

Selain itu, badan ini punya empat deputi di bidang Identifikasi dan Deteksi; Proteksi; Penanggulangan dan Pemulihan; serta Pemantauan dan Pengendalian.

(Infografis: Wiky/era.id)

 

Tags :
Rekomendasi
Tutup