8 Panelis Debat Kedua Pilpres: Rektor Sampai Aktivis LSM

| 31 Jan 2019 18:03
8 Panelis Debat Kedua Pilpres: Rektor Sampai Aktivis LSM
Debat capres-cawapres perdana Pemilu Presiden 2019 (Mahesa/era.id)
Jakarta, era.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan daftar nama panelis debat kedua Pemilu Presiden 2019. Seluruh panelis yang berasal dari kalangan akademisi dan aktivitas LSM itu telah mengonfirmasi dan bersedia untuk menyusun pertanyaan.

"Panelis debat kedua yang ditetapkan nanti ada delapan orang. Mereka berasal dari akademisi sebanyak enam orang dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) sebanyak dua orang," ucap Komisioner KPU Wahyu Setiawan kepada wartawan, Kamis (31/1/2019).

Dari keenam panelis yang berlatar belakang akademisi kampus ini, empat orang merupakan rektor, dan dua lainnya pakar atas bidang masing-masing. Sementara itu, dua orang panelis lainnya berasal dari LSM yakni WALHI dan KPA.

"Mereka adalah Rektor ITS Mochamad Ashari, Rektor IPB, Arif Satria, pakar pertambangan ITB Irwandy Arif, pakar energi UGM Ahmad Agustiawan, pakar lingkungan Undip Sudharto P. Hadi, dan pakar hukum lingkungan Unair Suparto Wijoyo," ucap Wahyu.

"Dua orang lainnya yang berasal dari LSM adalah Direktur Eksekutif WALHI Nur Hidayati dan Sekretaris Jenderal Konsorsium Pengembangan Agraria (KPA), Dewi Kartika," tambah dia.

Untuk diketahui, tak ada satu komisioner KPU yang ikut serta dan mengetahui proses penyusunan daftar pernyataan oleh panelis. Beberapa saat setelah disusun, pertanyaan akan diserahkan kepada Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki selaku moderator.

Debat yang mengusung tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur ini diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Minggu 17 Februari 2019. Debat ini disiarkan oleh stasiun televisi  RCTI, GTV, MNC TV, dan Inews TV.

Rekomendasi