Pesan SBY untuk KPU

Tim Editor

SBY Pidato. (Leo/era.id)

Bogor, era.id - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggelar pidato politik di Cibinong, Bogor, Jawa Barat. SBY mengingatkan tantangan berat Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menghadapi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. 

SBY ingin KPU bisa transparan dan akuntabel dalam menjalankan tugasnya agar terhindar dari dugaan kolusi. 

"KPU harus transparan dan akuntabel dalam kegiatannya. Setiap langkahnya juga harus dapat diikuti oleh masyarakat luas," kata SBY di kantor DPC Demokrat, Cibinong, Bogor, Jumat (5/1/2018). 

Tidak lupa, SBY berpesan, KPU segera memperkuat sistem informasi dan teknologinya untuk mewaspadai terjadinya peretasan saat Pilkada atau Pemilu berlangsung. Sebab, penyerangan sistem IT tersebut, kata SBY, berujung pada manipulasi suara.

"Oknum melakukan pembobolan dan perusakan terhadap sistem informasi KPU, puncaknya hasil pungutan suara bisa dimanipulasi dan diubah," ucap SBY. 

"KPU harus bisa mengatasi jika gangguan seperti ini terjadi dalam praktik sering beredar isu kecurangan dalam perhitungan suara KPU," lanjut SBY. 

Dalam acara yang dihadiri ratusan orang tersebut, sekurangnya terdapat lima poin yang disampaikan SBY mengenai pandangan politiknya memasuki tahun politik 2018 dan 2019. 

Tag: partai demokrat pilkada 2018 pilpres 2019

Bagikan: