Tahun Ini, NASA Mau Mendaratkan Manusia Lagi di Bulan

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Setelah hampir setengah abad lamanya, NASA akhirnya mengumumkan akan kembali mengirim manusia ke Bulan. Proyek astronaut ini akan kembali dikerjakan nasa pada tahun ini. 

Melalui video dari akun Twitter resminya, badan antariksa Amerika Serikat (NASA) ini akan bekerjasama dengan sejumlah perusahaan teknologi lainnya untuk mengembangkan perangkat pesawat ulang-alik yang memungkinkan astronaut mendarat di bulan. 

"Harapan kami adalah untuk terbang (ke Bulan) tahun ini," kata Bill Gerstenmaier, associate administrator NASA Exploration and Operations, Sabtu (16/2).
 

Selain bekerjasama dengan sembilan perusahaan teknologi untuk mengirimkan kargo ke Bulan. NASA juga sedang mengembangkan lunar lander, atau kendaraan luar angkasa dengan kemampuan mendarat di Bulan.

Soal lunar lander itu, kecepatan jadi prioritas NASA. Bahkan, mereka berencana untuk memberikan bayaran lebih bagi perusahaan antariksa pertama yang mampu mengantar muatan ke permukaan Bulan.

Meski demikian, rencana optimis NASA untuk mengirim manusia ke Bulan sebelum 2019 berakhir akan sangat tergantung kepada keberhasilan perusahaan antariksa lainnya. Hanya saja, NASA belum mengatakan kapan tanggal pasti peluncuran ke objek atau manusia ke Bulan, 

Salah satu perusahaan yang sudah bergabung dalam proyek ini adalah Lockheed Martin. NASA juga tak menutup kemungkinan perusaah swasta lainnya seperti Space X untuk bergabung dalam misi ini, sehingga masih mungkin bagi NASA untuk bisa benar-benar kembali lagi ke Bulan.

Supaya kalian tahu, terakhir kali NASA mengirim astronaut ke Bulan pada tahun 1972 melalui misi Apollo 17. Sejak saat itu, NASA tak lagi mengirim manusia untuk mengeksplorasi Bulan.
 
 

Tag: pencurian dana nasabah bri memukau amerika serikat

Bagikan: