Manusia Hidup di Mars: Cita-Cita Elon Musk dan Penelitian Nasa, Mungkinkah?

| 27 Apr 2021 15:20
Manusia Hidup di Mars: Cita-Cita Elon Musk dan Penelitian Nasa, Mungkinkah?
Elon Musk dan ambisi ke Mars. (Foto: Pixabay)

ERA.id - Miliader dunia pemilik SpaceX, Elon Musk telah lama bermimpi membangun peradaban manusia di Planet Mars. Beberapa pihak meyakini bahwa planet merah tersebut bisa dihuni oleh manusia. Untuk itu, ada banyak misi luar angkasa ke Mars yang direncanakan selama beberapa dekade terakhir.

Misi-misi ini akan membantu manusia memahami lebih lanjut tentang Mars, khususnya apakah planet ini dapat menampung kehidupan di luar Bumi atau menjadi planet yang layak untuk manusia di masa depan.

Tak terkecuali Elon Musk, salah satu miliarder jenius dunia dengan nama asli Elon Reeve Musk FRS. Ia merupakan tokoh bisnis, penemu, dan industrialis dari Amerika Serikat serta pendiri, CTO, dan CEO SpaceX, CEO dan arsitek produksi Tesla, pendiri The Boring Company, dan pendiri Neuralink.

Kecintaan Musk terhadap dunia antariksa tidak berakhir dalam sebuah game komputer yang dibuatnya saat kecil. Elon Musk semakin berambisi membawa peradaban manusia ke Mars. Setelah memiliki cukup sumber daya, Musk membangun Space Exploration Technologies atau yang dikenal dengan SpaceX pada tahun 2002. Perusahaan ini fokus mengembangkan roket dan wahana antariksa untuk misi-misi ke luar angkasa.

Elon Musk mendirikan SpaceX untuk membuat perjalanan ke luar angkasa lebih terjangkau dengan roket yang didesain untuk bisa digunakan berulang kali. Namun tujuan utama Musk dengan SpaceX-nya adalah untuk mendaratkan manusia di Mars dan membangun peradaban di sana.

Ilustrasi (Pixabay)

Pada 2018 Musk juga mengutarakan bahwa ada peluang 70 persen dia akan pindah ke Mars, walaupun mengakui bahwa kemungkinan besar dia akan tewas dalam perjalanan.

Dalam sebuah wawancara dengan Daily Mail, Elon Musk mengakui 'sekelompok orang mungkin akan mati' selama perjalanan awal SpaceX ke Mars, tetapi ia bersikeras itu akan menjadi 'petualangan yang mulia dan pengalaman yang luar biasa'. Pendiri SpaceX sedang berbicara dengan Peter Diamandis, pendiri X Prize Foundation, ketika dia membuat prediksi perjalanan tersebut.

Musk telah mengatakan dia berharap untuk membawa manusia ke Mars pada tahun 2026 - tujuh tahun sebelum NASA bertujuan untuk mendaratkan astronot di Planet Merah.

"Pergi ke Mars seperti iklan untuk Shackleton pergi ke Antartika. Anda tahu ini berbahaya, tidak nyaman dan ini perjalanan yang panjang. Anda mungkin tidak akan kembali hidup-hidup tetapi ini adalah petualangan yang luar biasa dan itu akan menjadi pengalaman yang luar biasa."

“Ya, sejujurnya sekelompok orang mungkin akan mati pada awalnya. Sulit pergi ke sana." Ucap Musk.

SpaceX membawa penerbangan luar angkasa kembali ke Amerika pada Mei tahun lalu dengan meluncurkan astronot NASA dari Kennedy Space Center di Florida ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sebuah peristiwa yang belum pernah terjadi dalam hampir satu dekade. Dijuluki 'Launch America', ini juga pertama kalinya sebuah perusahaan swasta menempatkan astronotnya ke luar angkasa.

Pada bulan Februari, Musk memberi tahu Good Times Show bahwa tujuannya adalah untuk membangun peradaban Mars yang mandiri.

NASA berencana untuk menempatkan manusia pertama di Mars pada tahun 2033 sebagai bagian dari program Artemis yang akan melihat pria dan wanita pertama mendarat di Bulan pada tahun 2024. Meskipun Musk berharap dapat mencapai tujuannya untuk mendaratkan manusia di Planet Merah pada tahun 2026, dia realistis dan mengatakan itu bukan tenggat waktu yang sulit karena kendala teknis.

Setelah serangkaian penerbangan uji yang sukses, Musk berharap untuk mengirim Starship yang tidak berawak ke Mars dan kembali pada suatu titik pada tahun 2024 - sebelum penerbangan awak pada tahun 2026.

“Untuk pertama kalinya dalam empat setengah miliar tahun sejarah Bumi, dimungkinkan untuk memperpanjang kehidupan di luar Bumi dan membuat kehidupan multi-planet,” katanya.

Ilustrasi (Pixabay)

“Kemanusiaan adalah agen kehidupan dan kami memiliki kewajiban untuk memastikan makhluk-makhluk di Bumi terus berlanjut meskipun ada bencana di Bumi, apakah itu buatan manusia atau bencana alam - jika Anda melihat catatan fosil, ada banyak massa. Kepunahan,” tambahnya.

"Apa yang lebih dulu - kota mandiri di Mars atau Perang Dunia Ketiga?"

Dia mengatakan pabrik propelan, tenaga surya, produksi makanan, penyulingan bijih besi adalah 'dasar-dasar industri' yang dibutuhkan untuk membuat Mars mandiri.

Dan awal bulan ini NASA memilih SpaceX milik Musk untuk membangun pesawat luar angkasa yang membawa wanita pertama dan pria berikutnya ke bulan. Perusahaan milik Musk mengalahkan Blue Origin and Dynetics milik Jeff Bezos.

Pernyataan pejabat dari NASA menegaskan SpaceX akan menjadi satu-satunya yang membawa manusia kembali ke bulan untuk pertama kalinya sejak misi Apollo 48 tahun lalu.

Penelitian NASA

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memiliki beberapa misi untuk menemukan kehidupan kuno di Mars. Berbeda dengan misi-misi sebelumnya, sebuah kapal tak berawak akan menjelajahi inti Mars hingga gempa Mars.

Lebih jauh dari tujuan misi ini adalah untuk memahami evolusi Mars yang berbeda dengan Bumi hingga terbentuknya sebuah planet. Mars dulu dikenal dengan planet yang basah. Namun, planet ini berevolusi menjadi sebuah planet yang kering dan tak berpenghuni.

Kini mars mengalami perubahan periode yang ekstrem dari periode kering yang panjang menuju periode basah sebelum akhirnya benar benar mengering menuju kehidupan yang hampir mati sekitar tiga milliar tahun yang lalu.

Studi menunjukkan data yang dikumpulkan oleh penjelajah Curiosity NASA , yang telah berada di Mars sejak 2012, digunakan oleh para peneliti dari Research Institute in Astrophysics and Planetology.

Curiosity sedang menjelajahi dasar Aeolis Mons, sebuah gunung setinggi beberapa mil di tengah kawah Gale. Menurut penelitian sebelumnya, Venus mungkin memiliki lingkungan yang sempurna untuk kehidupan berkembang. Tapi kini Venus menderita efek rumah kaca yang tak terkendali menciptakan dunia neraka yang kita lihat sekarang dan Bumi menjadi planet kontinental yang berkembang pesat, Mars tetap kering.

Ilustrasi (Pixabay)

Dari pengumpulan fakta tersebut itulah, nantinya di masa depan diharapkan bisa ada misi manusia ke Mars. Dalam situs resmi NASA, sempat dituliskan bahwa para peneliti sedang melakukan terraforming.

Terraforming merupakan semua proses menciptakan lingkungan yang mirip Bumi atau layak huni di planet lain. Para ilmuwan mengusulkan terraforming untuk memungkinkan kolonisasi jangka panjang Mars.

Para ilmuwan ini memiliki analisis yakni dengan melepaskan karbon dioksida yang berada di permukaanMars.Sepertierti oksigen dalam permukaan Bumi’ untuk mengentalkan atmosfer dan menjadi selimut yang menghangatkan planet.

Sayangnya, hal ini langsung dipatahkan oleh analisis NASA yang menemukan bahwa Mars tak menyimpan cukup banyak karbon dioksida yang bisa dimasukkan untuk menghangatkan atmosfer. Mengubah lingkungan Mars yang tidak ramah menjadi tempat yang dapat dijelajahi astronot tanpa dukungan kehidupan masih mustahil dengan teknologi yang ada saat ini.

Sebagai gambaran, atmosfer Mars mayoritas terdiri dari karbon dioksida. Komponen tersebut itu terlalu tipis dan dingin untuk mendukung air cair, materi terpenting untuk kehidupan. Di Mars, tekanan atmosfer kurang dari satu persen dari tekanan atmosfer Bumi. Air cair apa pun di permukaan Mars akan sangat cepat menguap atau membeku.